Sering Riding Motor di Malam Hari, Waspada Bos... Simak Tips Berikut Agar Aman

Sering Riding Motor di Malam Hari, Waspada Bos... Simak Tips Berikut Agar Aman

Berkendara motor roda dua dituntut keamanan dan kenyamanan prima--https://daya-motora.com

 

RADAR JABAR - Berkendara sepeda motor di malam hari menjadi salah satu pilihan alternatif karena situasi atau kondisi jalanan yang relatif lebih lengang dan terhindar dari macet, serta menghindari kondisi cuaca panas terik sinar matahari di siang hari. Bagi beberapa pengendara yang sering riding motor di malam hari, sudah menjadi rutinitas ketika waktu berangkat dan pulang dari aktivitas pekerjaan sehari-hari.

Safety Riding Development Section Head AHM Ludhy Kusuma menjelaskan, riding di malam hari atau siang hari bagi pengendara wajib untuk selalu mematuhi peraturan lalu lintas dan juga menggunakan perlengkapan berkendara yang lengkap untuk selalu Cari Aman, seperti menggunakan Helm, Jaket, Sepatu dan Sarung Tangan. “Akan tetapi pengendara yang melakukan perjalanan di malam hari harus ekstra hati-hati apalagi jika kondisi cuaca saat berkendara berada dalam kondisi hujan,” kata Ludhy.

 

Berikut adalah beberapa tips riding di malam hari menggunakan sepeda motor :

 

1. Selalu Cek Kondisi Motor

Pastikan jika sepeda motor yang dikendarai selalu dalam kondisi prima, beberapa yang harus diperhatikan diantaranya melakukan pengecekan lampu kendaraan, karena berkendara di malam hari sangat minim penerangan jadi lampu utama motor sangat diandalkan untuk bisa berkendara aman dan bisa lebih fokus pada kondisi jalan.

Kemudian pastikan bahan bakar terisi penuh, jangan sampai ditengah perjalanan kendaraan kehabisan bensin, dan pastikan kondisi mesin berada dalam kondisi yang prima.

 

2. Atur Rute dan Jalur Paling Aman

Tidak hanya untuk menghindari kecelakaan, kendala yang dihadapi oleh pengendara ketika berkendara di malam hari adalah tindakan kriminal. Untuk itu selalu pilih rute dan jalur paling aman seperti melewati jalan yang ramai untuk dilalui kendaraan dan hindari tempat sepi dan minim penerangan dan jauh dari pemukiman.

 

3. Gunakan Perlengkapan Berkendara

Sumber: