Proses Evakuasi Pemulangan WNI dari Sudan-Indonesia

Proses Evakuasi Pemulangan WNI dari Sudan-Indonesia

Evakuasi pemulangan WNI dari Sudan ke Indonesia.-Kemenlu-

RADARJABAR.ID, JAKARTA, - Pemerintah  bergerak cepat untuk memulangkan Warga Negara Indonesia (WNI) secara bertahap dari Sudan. Evakuasi WNI dari Sudan ke Indonesia dilakukan melalui tiga tahapan. 

Berdasarkan data dari Kemenlu, pemerintah telah berhasil memulangkan 385 WNI pada 28 April 2023, 363 WNI pada 30 April 2023, dan 75 WNI pada 1 Mei 2023.

Total WNI yang berhasil dievakuasi dari wilayah konflik di Sudan menuju tanah air sebanyak 823 orang yang terdiri dari 555 laki-laki dan 268 perempuan. 

Lantas seperti apa cerita evakuasi WNI dari Sudan ke Indonesia pada setiap tahapannya? 

Pertama, evakuasi dilakukan pada Minggu, 23 April pukul 08.00 WS (13.00 WIB). Evakuasi ini dipimpin langsung oleh Dubes RI di Khartoum.

Evakuasi dilakukan dengan menggunakan bis sebanyak 8 buah dan 1 mini bus KBRI. Waktu tempuh perjalanan darat Khartoum - Port Sudan memerlukan waktu sekitar 15 jam atau sekitar 830 KM melalui kota Atbara, Damir, Mismar dan Kota Sawakin.

Terdapat sekitar 15 pos pemeriksaan sepanjang perjalanan. Saat itu, 538 WNI tersebut sedang beristirahat di rumah persinggahan di Port Sudan sebelum keberangkatan menuju Jeddah melalui jalur laut.

Pada pukul 01.00 dini hari WS atau pukul 06.00 pagi WIB pada hari ini, 538 WNI telah tiba dengan selamat di Kota Port Sudan yang terdiri dari: Perempuan: 273, Laki laki: 240, dan Balita: 25 orang.

WNI yang dievakuasi sebagian besar adalah mahasiswa Indonesia, Pekerja Migran Indonesia, karyawan perusahaan Indofood dan staf KBRI beserta keluarganya.

WNI yang dievakuasi pada tahap pertama sebagian besar adalah mahasiswa Indonesia, Pekerja Migran Indonesia, karyawan perusahaan Indofood dan staf KBRI beserta keluarganya.

Kedua, proses evakuasi tahap kedua dari Khartoum menuju kota Port Sudan telah tiba di Port Sudan melalui jalur darat dan tiba pada Rabu, 26 April 2023 sekitar pukul 09.30 WIB.

Evaluasi kedia ini dipimpin oleh tim dari KBRI yang jumlahnya 4 orang. Mereka menggunakan 7 buah bus dan menempuh perjalanan yang sama dengan evakuasi tahap pertama yaitu dari Kota Khartoum melewati Atbara, kemudian kota Sawakin, dan kemudian ke Kota Port Sudan.

Selain WNI, evakuasi tahap kedua ini kita juga membawa 7 WNA, yaitu 6 WN Australia dan 1 WN Sudan.

Evakuasi kedua ini cukup dramatis, berdasarkan dari keteranga Kemenlu, 1 dari 7 bus yang membawa WNI evakuasi tahap kedua mengalami kecelakaan di dekat Kota Atbara.

Sumber: evakuasi wni dari sudan ke indonesia