BMKG Prediksi Bandung Raya Hadapi Kemarau

BMKG Prediksi Bandung Raya Hadapi Kemarau

Ilustrasi: Para pengendara motor kesulitan melihat akibat gersangnya jalan dan beterbangannya debu. (Dok/Jabar Ekspres)--

RADARJABAR.ID, - Musim kemarau semakin dekat, cuaca panas sudah terasa belakangan ini termasuk di wilayah Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Menjelang dimulainya musim kemarau di wilayah Bandung Raya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), mencatat pada dasarian dua di periode April 2023 terjadi suhu tinggi skala temporal harian.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Bandung, Teguh Rahayu mengatakan, pihaknya memprediksi bahwa wilayah Bandung Raya akan memasuki musim kemarau, tepatnya pada sekitar dasarian dua periode Mei 2023 mendatang.

"Memasuki musim kemarau tidak berarti bencana hidrometeorologi akan berkurang, namun yang akan terjadi adalah jenis bencana yang akan terjadi berbeda," kata Rahayu melalui seluler, Kamis (27/4).

Diketahui, dasarian merupakan satuan waktu meteorologi, yang lamanya adalah sepuluh hari. 

Satuan dasarian biasa digunakan dalam analisis cuaca dan metode prakiraan cuaca, seperti yang dilakukan BMKG dalam memprediksi musim.

"Pada musim kemarau ini kemungkinan besar sebagian besar wilayah Indonesia akan bersifat lebih kering daripada normalnya," ucap Rayahu atau akrab disapa Ayu.

"Oleh karena itu, potensi bencana hidrometeorologi yang mungkin terjadi adalah kekeringan atau kekurangan pasokan air bersih," lanjutnya.

Ayu mejelaskan, selain potensi kekeringan serta kurangnya pasokan air bersih, dampak lain bencana hidrometeorologi di musim kemarau yakni, kebakaran hutan bahkan hingga cuaca dan suhu yang tergolong panas.

"Berpotensi menyerang kesehatan tubuh, terutama yang terkait dengan paparan sinar ultraviolet (UV)," jelasnya.

Ayu mengungkapkan, suhu tinggi pada skala temporal harian yang akan terjadi karena memasuki musim kemarau, tercatat di sejumlah stasiun BMKG di wilayah di Indonesia.

1. Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika II (37,2 derajat celcius) pada 17 April 2023.

2. Stasiun Meteorologi Pangsuma (36,6 derajat celcius) pada 18 April 2023.

3. Stasiun Meteorologi Nangapinoh (36,5 derajat celcius) pada 18 April 2023.

Sumber: bmkg prediksi bandung raya hadapi kemarau