One Way Dua Kali

One Way Dua Kali

Kondisi jalan Padalarang-Akmal/Jabar Ekspres-

RADARJABAR.ID -  Laju Arus Balik H3 Lebaran di Jalan Raya Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) terpantau melandai.

Meski volume kendaraan cukup pada akan tetapi suasana arus lalu lintas masih berjalan normal.

Kapolsek Padalarang, Kompol Darwan menyebut, dari pagi sampai sore  pukul 17.00 WIB arus cukup padat, termasuk arus kendaraan yang akan memasuki Gerbang Tol  Padalarang dari arah Cipatat dan Cianjur terlihat padat.

"Tapi arus lalu lintas terpantau lancar," jelas Darwan, Selasa 25 April 2023.

Menurutnya, arus lalu lintas dari arah Cianjur menuju Gerbang Tol Padalarang ataupun yang arah Cimareme mengalami kepadatan, akan tetapi tidak ada hambatan yang berat.

"Kendaraan roda empat tentu banyak yang masuk melalui GTOL Padalarang, termasuk roda dua menuju arah Cimareme juga cukup banyak. Sebagian besar mereka yang arus balik dan sebagian lagi para pengunjung tempat wisata," katanya.

Selain itu, penambahan volume kendaraan di jalur Padalarang juga terjadi lantaran adanya aktivitas dari masyarakat sekitar Bandung Barat yang memanfaatkan momen lebaran untuk bersilahturahmi dengan saudara terdekat.

Oleh sebab itu, Polsek Padalarang dan Polres Cimahi terus melakukan pengamanan agar penggunaan jalan khususnya pemudik tetap bisa melaksanakan secara berkesan.

"Untuk puncak arus balik ini kita masih menghitung karena, kemarin kita melihat arus cukup padat sampai larut malam," jelasnya

Disinggung soal waktu arus balik, pihaknya juga tak bisa memastikan serta masih melakukan pemantauan walaupun kemungkinan besar puncak arus balik terjadi pada malam ini. 

"Tapi malam ini kita akan tetap stand by 24 jam mengamati perkembangan arus, memantau kemudian melakukan pengaturan-pengaturan. Mudah-mudahan malam ini sudah bisa maksimal," ujarnya

Pihak kepolisian juga melakukan pengaturan jalur lalu lintas sepenggal atau one way untuk mengurai kepadatan sebanyak dua kali dari depan gerbang Kota Baru Parahyangan hingga ke arah Situ Ciburuy.

"Kemudian, kita lakukan sebaliknya dari arah Ciburuy ke atau pintu tol," jelasnya.

Arus lalu lintas di Jalan Raya Padalarang relatif tidak ada hambatan, tak ada pengalihan arus lalu lintas di wilayah Padalarang.

Sumber: