Arus Balik Mudik di Padalarang Melandai

Arus Balik Mudik di Padalarang Melandai

Kondisi lalu lintas di Jalan Padalarang--

RADARJABAR.ID -  Lonjakan arus mudik lebaran tahun 2023 di Jalan Simpang Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) terpantau melandai pada Selasa (25/4/23).

Dari pantauan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bandung Barat (KBB) arus balik mudik di Jalan Raya Padalarang mengalami penurunan dan didominasi oleh kendaraan roda, jumlah tidak siginfikan ini sudah terjadi dari H+1 Lebaran atau Minggu (23/4/2023)

“Arus balik sedang berlangsung, tapi didominasi roda dua jadi secara volume mengalami penurunan, sedangkan untuk kepadatan yang diakibatkan itu memang ada , seperti hambatan samping yang menganggu aktivitas kapasitas di pinggir jalan, itu pun bisa berjalan lancar," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bandung Barat (KBB) Fauzan Azima saat dihubungi, Selasa 25 April 2023.

Menurutnya melandai arus balik di Jalan Raya Padalarang ini disebabkan pengaruhnya kebijakan untuk menunda kembali mudik oleh Presiden Jokowi

”ada kebijakan pelonggaran untuk menunda balik itu berpengaruh kemungkinan masyarakat akan mengatur kembali ritme baliknya tidak semua bertumpuk di hari yang sudah ditetapkan,” tutur Fauzan.

Meski demikian Dishub Bandung Barat memperkirakan akan terjadi lonjakan besar arus balik pada malam ini karena sebagian sudah masuk kerja dan sekolaj, namun tidak akan terjadi kepadatan. 

"Prediksi hari ini, besok kan sudah mulai kerja, ketika ada kebijakan menunda ya kemungkinan besar tidak akan terdistribusi tidak akan terpaku pada satu titik," jelasnya.

Dishub KBB juga menurunkan petugas untuk memantau arus balik mudik hingga H+7 lebaran.

“Kalau pemantauan jadwalnya sampai 29, sampai 2 mei malahan, jadi pemantauan terus sampai H+7,” tandasnya.(mal)

Sumber: