Akankah Anas Urbaningrum Kembali Berpolitik?

Akankah Anas Urbaningrum Kembali Berpolitik?

ILUSTRASI Anas Urbaningrum-Greialdy/Jabar Ekspres id-

RADARJABAR.ID, - Ketua Umum Partai Nusantara, I Gede Pesek Guardika pastikan Anas Urbaningrum akan mewarnai dinamika politik tahun 2024 mendatang.

“Beliau akan ikut mewarnai saya kira, hari ini politik kita hanya survei orang ABC, tidak pernah membicarakan ide gagasan seperti apa, coba kita lihat dalam beberapa bulan ini lembaga survei isinya gitu, dan itu tidak mencerdaskan sekali, karena tidak ada adu ide gagasan politik nasional," kata I Gede saat ditemui oleh Jabarekspres, Selasa (11/4/23).

Menurutnya, meski sosok Anas Urbaningrum dilarang untuk mencalonkan dan dicabut hak politiknya. Namun, hak berserikat dan berpendapat masih dilindungi dan Anas bisa mewarnai politik di Indonesia.

”Mudahan-mudahan dengan adanya mas Anas bisa memberikan pancingan, karena beliau tidak boleh maju,bisa memancing dialetika kebangsaan, sehingga ke depan, demokrasi kita dimulai dengan ide dan gagasan," jelasnya.

Langkah selanjutnya, kata I Gede, akan dipastikan sesudah lebaran.“Sesudah lebaran nanti ada langkah yang pasti untuk langkah politiknya," jelasnya.

Sementara, Pengamat Politik Unjani Arlan Siddha menilai Anas akan mewarnai konstelasi politik di 2024. “Ada warna politik baru di Indonesia khususnya dalam konstelasi politik di tahun 2024 mendatang, bebasnya Anas, ia akan kembali kepada ghirohnya beliau sebagai seorang politisi," kata Arlan saat dihubungi Jabarekpres, Selasa (11/4/23).

Dirinya juga memandang penyambutan bebasnya Anas Urbaningrum di Lapas Sukamiskin oleh para loyalis dan sahabatnya banyak yang masih percaya bahwa selama ini Anas hanya dikriminalisasi serta mereka yang berpandangan politik sama seperti mantan ketua umum partai Demokrat itu.

"Ada dua hal yang saya baca, pertama adalah pasti banyak orang-orang yang percaya bahwa Anas hanya menjadi Korban kriminalisasi panggung politik pada masa era SBY," jelas Arlan.

"Yang kedua adalah mereka orang-orang yang menjemput ini, mereka adalah loyalis Anas yang satu frekuensi dengan cara berpikir Anas bagaimana memajukan politik di Indonesia," sambungnya.

Ia juga menyebut, Anas dengan perahu barunya akan memberikan terobosan baru pada panggung politik di Indonesia. Meski partai Kebangkitan Nusantara masih terhitung baru dan kecil tapi tidak diragukan lagi dalam skala nasional.

"memberikan sebuah terobosan dan gebrakan baru, walaupun partainya kecil tapi paling tidak partai ini memiliki pengaruh sangat besar," jelasnya

“Dari beberapa orang-orang di PKN dihitungkan dari skala nasional, tapi kemudian ada bobot yang berbeda ketika PKN dinakhodai oleh Anas Urbaningrum,” lanjutnya.

Lebih lanjut Arlan mengatakan, sosok Anas dipanggung politik memang tidak ragukan, belum lagi Anas sendiri lahir organisasi mahasiswa yang kuat dari jaringannya.

“ Anas sendiri secara kiprah politik tidak perlu meragukan apalagi lahir dari organisasi kemanusiaan yang sangat kuat secara jaringan dan kemudian kemampuan intelektualnya bagus," tandasnya

Sumber: