Melatih Anak Berpuasa Menanamkan Nilai Positif

Melatih Anak Berpuasa Menanamkan Nilai Positif

ilustrasi--

RADARJABAR,ID - Memasuki bulan suci Ramadan 1444 H atau 2023 banyak orangtua di Kota Bandung yang sudah melatih anaknya untuk berpuasa. Seperti yang dilakukan oleh seorang Ibu muda asal Pagarsih, Dewi (25) yang sudah melatih anaknya untuk berlatih berpuasa.

 

“Alhamdulillah, tamat terus sampai magrib udah hari keenam sekarang, sekalian belajar juga, harus di mulai dari sejak  kecil,” kata Dewi saat ditemui, Selasa (28/3/23)

 

Psikolog Anak Universitas Islam Bandung, Ihsana Sabriani Borualogo mengatakan mengajarkan anak usia dini untuk berpuasa memberikan dampak positif pada tindakan anak, seperti anak akan mengetahui mana hal baik dan buruk.

 

“Anak sudah mulai diajarkan tentang nilai-nilai kehidupan beragama dari sejak dini tentu akan ada efek positif bagi berkembangan dia, karena dia menjadi tahu hal-hal yang baik dan buruk. Mana yang harus dilakukan mana yang bukan,” jelas Ihsana, saat dihubungi Selasa (28/3/23).

 

"Kalau dari sisi perkembangan moral dan juga kognitif di usia anak awal itukan, anak  diajarkan untuk mengetahui nilai-nilai kebaikan, mana yang boleh, mana yang tidak boleh, mana yang salah mana yang benar,” sambungnya

 

Selain itu menurutnya , saat anak bertumbuh dewasa di tahap selanjutnya akan mulai belajar menalar dan mengembangkan sisi moralitasnya.

 

“maka di tahap yang berikutnya dia akan mulai belajar menalar sehingga cukup mudah lagi benar salah itu diberi tahu atau dilarang orangtua tapi dia sudah mulai mengembangkan moralitas untuk menalar,” tuturnya

 

Sumber: