Satu Rumah di KBB Rusak Akibat Longsor

Satu Rumah di KBB Rusak Akibat Longsor

--

RADARJABAR.ID - Sebuah rumah di Kampung Tegal Mantri RT 02 RT 16 Desa Jayamekar, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) rusak berat akibat tertimpa material tanah longsor, pada Sabtu (25/2) kemarin.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bandung Barat Jarot Prasetyo mengatakan tebing setinggi 25 meter longsor samlak merusak satu rumah. Imbasnya, seluruh penghuninya diungsikan ke tempat yang lebih aman.

“Rusak berat di bagian dapur, tidak ada korban jiwa maupun luka. Hanya saja satu keluarha diungsikan untuk sementara waktu,” kata Jarot saat dihubungi Minggu (26/2)

Jarot juga menyebut, rumah rusak akibat material tanah longsor ini milik Ajo (70) dengan 10 jiwa terdiri atas dua keluarga.

Tidak hanya dapur, dinding rumah terdapat retak-retak dikhawatirkan akan membahayakan penghuni rumah. Oleh karenanya, sementara waktu pemilik rumah disarankan mengungsi ke tempat lebih aman.

Menurutnya, longsor itu terjadi dipicu akibat hujan deras, menyebabkan tanah yang berada di sekitar rumah warga menjadi labil, lalu terjadilah longsor.

Tidak hanya itu, saluran drainase di lokasi kejadian, buruk. Saluran pembuangan air warga dan hujan langsung menuju tebing. Ketika hujan tanah tidak kuat dan akhirnya longsor.

“Pemicunya hujan deras yang terus turun sehingga membuat tanah tebing setinggi 25 meter longsor. Panjang longsoran sekitar 25 meter dan lebar 7 meter," kata dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, mengimbau  warga yang tinggal di sekitar lokasi longsor untuk waspada serta lebih baik sementara mengungsi ke tempat yang lebih aman antisipasi terjadinya longsor susulan, mengingat hujan deras masih terus mengguyur wilayah Bandung Barat.(mal)

Sumber: