Dekan FBE Unpas: UMKM Sektor Penting yang Harus Diperhatikan

Dekan FBE Unpas: UMKM Sektor Penting yang Harus Diperhatikan

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis dari Universitas Pasundan Bandung, Atang Hermawan--

RADARJABAR.ID - Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis dari Universitas Pasundan Bandung, Atang Hermawan menilai UMKM menjadi sektor penting yang harus di perhatikan apalagi jumlah UMKM di Indonesia terbilang sangat banyak. 

Tidak bisa di pungkiri, di jelaskan Atang ketika pandemi mewabah dan menghantui tanah air, UMKM dengan segala kemampuannya berupaya bertahan meskipun situasi sangat sulit. 

Ketika Roda Perekonomian melambat, UMKM terus berupaya berinovasi guna bertahan dari kondisi tersebut dan terus berupaya menjalankan roda perekonomian. 

"Pada saat pandemi, UMKM kita tetap berkembang, bahkan tidak bisa di pungkiri pada saat itu UMKM menjadi tulang punggung sektor perekonomian, ini menjadi gambaran nyata betapa pentingnya UMKM untuk bangsa kita," ungkapnya. Kamis (9/2/2023). 

Apalagi, menurutnya, Jabar memiliki potensi yang sangat banyak dengan jumlah UMKMnya yang sangat banyak di Indonesia. 

"Apalagi potensi Jabar ini sangat besar maka kreatifitas dalam pengembangannya pun termasuk dalam memberikan pinjaman harus di optimalkan, karena manfaatnya sangat besar juga untuk Jawa Barat," lanjutnya. 

ia pun memastikan, lembaga pendidikan akan turut berperan aktif mengembangkan UMKM mengingat lembaga pendidikan memiliki tanggung jawab sosial yang harus di penuhi. 

"Tentunya kita sebagai lembaga pendidikan memiliki tanggungjawab sosial itu. Dalam rangka mengembangkan dari berbagai aspek, termasuk UMKM," tandasnya.

Sumber: