DPMD Kab. Bogor Warning Desa untuk Selesaikan Pembangunan Samisade

DPMD Kab. Bogor Warning Desa untuk Selesaikan Pembangunan Samisade

Ilustrasi : Pekerja menyelesaikan pembangunan infrastruktur jalan di Desa Cibadak, Kecamatan Sukamamur, Kabupaten Bogor.--

RADARJABAR.ID - Sejumlah Desa di Kabupaten Bogor hingga kini masih mengerjakan pembangunan infrastruktur melalui Program Satu Miliar Satu Desa (Samisade). 

Padahal, anggarannya berasal dari dana bantuan keuangan Pemkab Bogor program Satu Miliar Satu Desa alias Samisade 2022.

Pengerjaan yang masih berjalan itu dikhawatirkan dapat menjadi temuan aparat berwenang. Salah satunya dalam hal ini adalah Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bogor, Renaldi Yushab Fiansyah memberikan warning kepada para kepala desa untuk segera menyelesaikan pembangunan dengan menggunakan dana Samisade. 

"Peraturannya bahwa sampai akhir februari ini diharapkan dapat selesainya, agar sampai bulan ke tiga di akhir maret, semua laporan sudah selesai, jadi kita minta teman-teman di wilayah, tim verifikasi di kecamatan melakukan pemantauan terhadap desa - desa yang pekerjaannya belum selesai,"kata Renaldi Yushab kepada Jabarekspres.com, Rabu (25/1/). 

"Setiap tahun inspektorat mengaudit, semua kegiatan di desa termasuk bantuan keuangan infrastruktur, "sambungnya.

Pemkab Bogor menyiapkan anggaran sebesar Rp 395 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bogor tahun 2022 untuk mensukseskan program samisade tersebut.

Tim verifikasi di kecamatan diminta untuk melakukan monitoring, pemantauan terkait batas waktu dalam setiap pengerjaan di Desa. 

"Kalau ada seperti itu ( tidak sesuai target) di lapangan, tim verifikasi akan turun, banyak atau tidak, terpenuhi tidak dari sisi anggaran, dengan aspek teknisnya, kalau terjadi hal yang tadi, tidak sesuai target, ada sanksi, "pungkasnya.

Kendati demikian, di Tahun 2023 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor kembali menganggarkan bantuan infrastruktur Samisade sebesar Rp 407 miliar. (Sandika)

Sumber: dpmd kab. bogor warning desa untuk selesaikan pembangunan samisade