Rp 1,1 Triliun untuk Perbaikan Infrastruktur di Jabar

Rp 1,1 Triliun untuk Perbaikan Infrastruktur di Jabar

ilustrasi perbaikan jalan-Kholid/Jabar Ekspres-

RADARJABAR.ID - Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat (DBMPR Jabar) mengaku di tahun 2023 akan fokus kepada perbaikan hingga penataan infrastruktur yang sebelumnya sempat terkendala karena Pandemi Covid 19.

 

Kepala DBMPR Jabar Bambang Tirtoyuliono mengaku, dalam melakukan hal tersebut BMPR Jabar telah mendapatkan anggaran sebesar Rp 1,1 Triliun dari Pemerintah Provinsi (Pemprov).

Bambang mengatakan, dengan nilai anggaran tersebut, DBMPR akan melakukan beberapa perbaikan mulai dari bidang Bina Marga, Tata Ruang, hingga Jasa Konstruksi.

”Memang secara kumulatif itu kita mendapatkan anggaran di Bina marga dan Tata Ruang, dan itu totalnya sekitar Rp 1,1 T. Jadi itu untuk Bina Marga, Tata Ruang, dan Jasa Konstruksi," ujarnya saat dikonfirmasi, Selasa (24/1).

Sementara dengan nilai anggaran tersebut menyebutkan sekitar Rp 600 miliarnya akan digunakan untuk melakukan perbaikan jalan.

”Angka pastinya (dalam perbaikan jalan) itu saya lupa. Tapi yang pasti, sekitar 360 kilometer (km)  itu akan kita tangani (ditahun ini) se- Jabar," ungkapnya.

Dia mengaku, dalam melakukan perbaikan itu BMPR Jabar akan memprioritaskan terlebih dahulu kepada jalur-jalur yang dekat dengan perkotaan hingga pusat ekonomi dan wisata.

”Jadi itu untuk memastikan akses ke pusat pertumbuhan se- Jabar. Sehingga dengan Anggaran provinsi itu (Rp 1,1 T) dengan memenuhi 4 variabel, itu pasti akan kita tangani," imbuhnya

Sementara, Gubernur Jabar Ridwan Kamil menambahkan diakhir masa jabatannya yang tinggal hitungan bulan mengaku belum puas dalam melakukan perbaikan jalan rusak.

Menurut Kang Emil, Pemprov Jabar tidak lagi membuat program melainkan fokus kepada penyelesaian beberapa program yang selama ini dinilai masih kurang.

"Jalan mulus saya belum puas karena kemarin terkena covid (anggarannya), jadi yang tadinya untuk aspal jalan saya tahan dulu,” kata dia.

“Makanya di tahun 2023 ini, saya tidak akan launching-launching lagi (progam) karena sekarang mah tahunnya panen, tahun gunting pita, tahun menaikkan volume-volume yang kurang," tambahnya.

Selain itu, Kang Emil juga menuturkan bahwa Pemda Jabar telah memberikan anggaran Rp 1 T kepada DBMPR Jabar untuk segera melakukan perbaikan khususnya pada jalan.

"Makanya anggaran Dinas Bina Marga (DBMPR) Jabar itu hampir Rp 1 Triliun saya kasih supaya mengaspal jalan karena sekarang covid sudah surut, Al - Jabbar (pembangunannya) sudah selesai. Jadi kesimpulannya per Januari 2023, Jabar kalau ditanya, itu lagi memperkuat performa," pungkasnya.

Sumber: infrastruktur di jabar