Galakan Vaksin Booster Tambahan

Galakan Vaksin Booster Tambahan

Pemberian vaksinasi covid 19 kepada masyarakat diatas usia 18 tahun. -Sandi/Jabar Ekspres-

RADARJABAR.ID - Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat (Dinkes Jabar) mulai hari ini kembali melakukan pemberian vaksinasi Covid 19 kepada masyarakat. 

Ketua Tim Surveilens dan Imunisasi Dinkes Jabar, dr Dewi Ambarwati, menjelaskan masyarakat akan mendapatkan vaksinasi booster tambahan atau dosis ke- 4.

"Jadi masyarakat umum di atas 19 tahun, itu bisa langsung ke puskemas, kantor kesehatan pelabuhan, atau rumah sakit yang memberikan layanan vaksinasi Covid-19," ujarnya saat dikonfirmasi, Selasa (24/1).

Selain itu, Dewi mengungkapkan bahwa pemberian vaksinasi dosis ini harus diberikan dikarenakan vaksin yang telah diberikan sebelumya hanya dapat bertahan selama 6 bulan didalam tubuh manusia.

"Ada dosis 4, karena vaksin covid itu akan menurun setelah 6 bulan setelah melakukan vaksinasi sebelum.  Jadi kemungkinan imunitasnya udah mulai tidak ada. Kalau sudah menurun, itumasih ada kemungkinan terkena Covid juga. Jadi dengan booster ke- 2 ini (dosis ke- 4), itu dapat meningkatkan imunitas dari Covid-19," ujarnya

Sementara untuk menunjang pemberian dosis ke- 4 ini, Dinkes Jabar akan menyediakan berbagai jenis Vaksinasi mulai dari Pfizer dan Cosvac. 

"Indofac belum ada (tersedia), tapi untuk stok itu tetap dipastikan aman, dan kalau ada kehabisan di lapangan juga kita udah prepare (persiapan) untuk minta ke kementerian (Kemenkes). Jadi saat ini di seluruh kabupaten kota di Jabar tersedia," katanya

Dewi menuturkan, Dinkes Jabar akan terus mengajak masyarakat untuk segera mendapatkan vaksinasi Covid 19.

"Karena imunisasi vaksinasi Covid-19 ini bukan untuk pemerintah. Tapi untuk kesehatan masyarakat itu sendiri supaya melengkapi dari dosis satu hingga 4. Jadi  supaya terhindar dari Covid kalau pun dia sakit (terpapar) itu tidak akan berat," pungkasnya.

Sumber: vaksin booster