6 Cara Menghasilkan Uang di Wattpad untuk Penulis Pemula

6 Cara Menghasilkan Uang di Wattpad untuk Penulis Pemula

6 Cara Menghasilkan Uang di Wattpad untuk Penulis Pemula--

JABAR EKSPRES - Cara menghasilkan uang di Wattpad untuk penulis pemula. Wattpad ternyata bisa menghasilkan uang bagi penulis pemula maupun professional.

Para penulis yang berkecimpung di dunia digital banyak mencari cara menghasilkan uang di Wattpad untuk penulis pemula.

Melalui aplikasi atau situs Wattpad, seluruh penulis mempunyai kesempatan mengirimkan berbagai bentuk karya tulisan berupa novel, cerpen, maupun puisi.

Pembaca pun bisa menemukan tulisan sesuai genre atau kategori yang diinginkan, seperti romance, thriller, misteri, horor, slice of life, dark, fantasi, cerita nonfiksi, dan lainnya.

Jika kemampuan menulis Anda sudah terasah, Anda sebagai penulis bisa mendapatkan banyak followers dan viral, karya Anda akan dilirik penerbit atau bahkan Production House (PH) untuk dijadikan series drama atau film.

Cara menghasilkan uang di Wattpad untuk penulis pemula tentunya tidak bisa instan. Anda diharuskan untuk mengikuti proses dan konsisten mengunggah karya di aplikasi penyedia jutaan novel digital gratis itu.

6 Cara menghasilkan uang di Wattpad untuk Penulis Pemula

Berikut ini adalah langkah-langkah cara menghasilkan uang di Wattpad untuk penulis pemula

1. Tulis genre cerita yang Anda kuasai

Untuk menulis cerita, penulis tidak tidak harus mempunyai wawasan luas dalam berbagai hal. Cukup tulis cerita apa yang Anda gemari dan kuasai. Seperti contoh, jika Anda gemar menulis cerita fantasi, maka tulislah karya cerita fantasi sesuai dengan apa yang diinginkan.

Tidak perlu memaksakan menulis genre cerita yang sedang digandrungi banyak audiens jika Anda tidak menguasai pengetahuan pada genre tersebut. Jangan lupa untuk melakukan riset terlebih dahulu sebelum menyampaikan pengetahuan ilmiah dalam cerita Anda untuk menghindari kesalahan informasi dalam cerita.

2. Buat cover cerita yang menarik

Membuat sampul atau cover novel di Wattpad memang akan memakan waktu dan membutuhkan keahlian software pengolah gambar.

Penulis tidak harus membuat cover novel yang bernilai seni tinggi, cukup sesuaikan dengan genre dan judul cerita yang akan ditulis.

Cover yang menarik dan eye catching mampu menaikkan trafik sekaligus mengundang lebih banyak pembaca.

Jika tidak mempunyai keahlian mengolah gambar di PhotoShop atau CorelDraw, penulis bisa memanfaatkan dan menggunakan software Canva yang diinstal di hp Android untuk membuat sampul novel.

Banyak template dan element yang mendukung di dalamnya agar penulis juga lebih maksimal dalam menyempurnakan karya tulisnya.

Jika penulis ingin membuat cover cerita yang bernilai seni tinggi, tidak ada salahnya membayar seorang desainer grafis atau illustrator untuk membuatkan cover novel kita.

3. Promosikan akun Wattpad

Setelah menerbitakan cerita akun Wattpad Anda sendiri, tidak ada salahnya untuk membagikan link cerita yang telah ditulis ke akun sosial media sosial Anda. Hal itu bertujuan untuk mengundang lebih banyak orang untuk membaca cerita yang telah Anda tulis di Wattpad.

Jangan takut dengan berbagai respon yang akan muncul dari para pembaca. Cukup jadikan bahan evaluasi dan cambuk untuk menjadi penulis yang lebih baik.

4. Konsisten menulis

Sikap konsisten sangat dibutuhkan untuk menjadi penulis sekaligus pengusaha sukes di Indonesia. Seorang penulis harus konsisten menciptakan karya dan melalukan improvisasi setiap hari.

Terasa berat di awal karir, namun akan memberikan dampak yang luar bisa di kemudian hari.

Dengan konsisten mengunggah karya, pembaca akan menilai penulis sebagai sosok yang akan terus menerbitkan tulisan setiap waktu, sehingga mereka merasa dimanjakan oleh konten tersebut.

Terlebih lagi jika yang diunggah setiap hari merupakan novel dan cerpen sesuai genre yang mereka sukai.

Penulis tidak harus pandai menulis berbagai genre untuk menjadi sukses. Cukup tulis genre mana yang Anda suka.

5. Daftarkan cerita ke Paid Story

salah satu cara menghasilkan uang di wattpad untuk para penulis adalah dengan mengaktifkan fitur paid story.

Jika penulis sudah mempunyai banyak pengikut atau followers, cara mendapatkan uang di Wattpad akan semakin mudah dengan mengaktifkan fitur Paid Stories.

Jika pendaftaran Paid Story disetujui Wattpad, pembaca yang mau mengakses bab atau chapter berikutnya harus membayar sejumlah koin yang harus mereka beli dengan uang.

Koin-koin yang sudah didapatkan penulis dari para pembaca, bisa ditukarkan dengan sejumlah uang yang bisa ditransfer ke aplikasi dompet digital.

Bila jumlah pembaca sangat banyak, maka penghasilan yang akan penulis terima pun juga tinggi.

6. Tingkatkan interaksi dengan pembaca

Impian menjadi penulis yang sukses tidak bisa diraih dengan hanya menulis cerita yang bagus, tetapi harus berinteraksi secara baik dengan para pembaca karya-karyanya.

Dengan demikian, para pembaca akan lebih merasa dekat dengan pencipta karya tulisan yang telah mereka baca.

Jika kita sebagai penulis di Wattpad berhasil membangun interaksi yang baik dengan para pembacanya, maka pundi-pundi uang akan semakin deras mengalir.

Demikian cara menghasilkan uang di Wattpad untuk para penulis pemula maupun profesional. Teruslah asah kemampuan menulis Anda dari hari ke hari untuk menciptakan karya yang luar biasa.

 

Sumber: