Rp 55 M untuk Bandung Caang Baranang

Rp 55 M untuk Bandung Caang Baranang

ILUSTRASI: Kondisi PJU di Kota Bandung-Kholid/Jabar Ekspres-

RADARJABAR.ID – 2023 jadi tahun akhir masa jabatan Wali Kota Bandung, Yana Mulyana. Banyak program strategis yang akan dikebut dalam waktu dekat ini. Salah satunya: Bandung Caang Baranang.

Untuk mewujudkan program strategi itu, Pemkot Bandung melalui Dinas Perhubungan (Dishub) pada tahun 2023 ini berencana menambah Penerangan Jalan Umum (PJU) di 475 titik, dan Penerangan Jalan Lingkungan (PJL) di 3.059 titik.

"Tahun ini Dishub targetkan pembangunan 475 titik PJU dan 3.059 titik PJL," kata Kepala Bidang Prasarana Dishub Kota Bandung, Panji Kharismadi, Selasa 17 Januari 2023.

Dia menyebutkan, sampai saat ini di Kota Bandung terdapat 46.000 PJU. Dari jumlah tersebut, ada sekira 2.000 PJU yang dalam kondisi tidak menyala.

Menindaklanjuti PJU yang mati dibeberapa titik, Dishub pada Senin, 16 Januari 2023 lalu, dia mengklaim telah diperbaiki dan penambahan PJU. Rinciannya: Jalan Bengawan ke arah Jalan Ahmad Yani, dengan keluhan PJU banyak yang tidak menyala.

Kemudian di Jalan Anggrek tepatnya dari simpang Jalan Supratman sampai simpang Jalan Riau, telah diganti menggunakan moradon 100 watt. Selanjutnya di RW01, Jalan Mangga dan Jalan Cidurian pun dilakukan penanganan, sebab terdapat keluhan PJL yang padam.

Selain itu, Jalan Samiaji belakang Pasar Ujungberung, diperbaiki sebagai penanganan keluhan 4 titik PJL padam.

"Pemeliharaan jaringan, serta penggantian lampu konvensional yang memakan daya besar dengan lampu LED yang hemat energi tetapi lebih mengeluarkan cahaya lebih terang," lanjutnya.

Panji mengaku, Pemkot Bandung akan terus berkoordinasi dengan Pemprov Jabar, terkait fasilitas penerangan jalan di ruas jalan berstatus jalan nasional maupun jalan provinsi. Selain itu, Alat Penerangan Jalan (APJ) di Kota Bandung baru dikelola oleh Dishub yakni sejak 2022 lalu.

"Penambahan dan perbaikan PJU serta PJL untuk Bandung Caang Baranang, memohon partisipasi aktif masyarakat Kota Bandung," tutur Panji.

"Untuk sama-sama menjaga alat penerangan jalan di Kota Bandung. Untuk perbaikan kita selalu bantu," tambahnya.

Panji menerangkan, apabila masyarakat merasa resah dan mempunyai keluhan terkait penerangan jalan, maka bisa segera melaporkannya ke Dishub Kota Bandung.

"Bisa dengan melaporkan atau menanyakan, apabila ada pihak-pihak di luar anggota Dishub yang mengutak-atik penerangan jalan serta dengan melaporkan gangguan APJ di Kota Bandung," Panji menandasi.

Sumber: