Bansos Khusus Balita Senilai Rp3 Juta Segera Cair, Simak Cara dan Syarat Daftarnya di Sini

Bansos  Khusus Balita Senilai Rp3 Juta Segera Cair,  Simak Cara dan Syarat Daftarnya di Sini

Cara daftar bansos PKH balita-pixabay-

Bantuan sosial dari pemerintah di tahun 2023 ada yang akan kembali cair dalam waktu dekat. Salah satunya bantuan untuk masyarakat Indonesia  khususnya yang memiliki balita, yakni anak yang berusia 0-5 tahun.

Bantuan sebesar Rp3 juta ini diperuntukkan khusus untuk pemenuhan kebutuhan gizi dan nutrisi anak, juga kebutuhan sehari-hari balita lainnya.

Bantuan dari Kementrian Sosial RI ini, diketahui akan segera dicairkan dalam waktu dekat.

Bantuan ini merupakan bagian dari Program Keluarga Harapan (PKH) yang awalnya hanya untuk ibu hamil yang dalam kondisi miskin dan ibu menyusui, serta bagi keluarga yang membutuhkan layanan kesehatan dan memiliki anak usia sekolah. Namun kini ditambah juga untuk keluarga yang memiliki balita.

Hal ini sebagai wujud kepedulian pemerintah pada tingkat kesehatan balita yang dipandang penting, sehingga membutuhkan asupan nutrisi yang memadai untuk menunjang tumbuh kembang fisik dan psikisnya.

Karenanya, bantuan tidak diberikan sekaligus, tapi akan disalurkan dalam 4 tahap, yakni setiap pencairan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) akan menerima Rp750 ribu selama empat kali.

Syarat untuk menjadi penerima bantuan PKH balita ini, tentu saja harus keluarga yang sudah terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Bagi kamu yang memiliki anak balita dan ingin mendapatkan bantuan dari pemerintah, namun belum terdaftar di DTKS, maka segera membuat pengajuan pendaftaran. Agar nama anakmu bisa masuk menjadi salah satu penerima bantuan tersebut.

Untuk lebih jelasnya, simak cara mendaftar PKH Balita dan ibu hamil seperti yang dilansir dari laman Kemensosri berikut ini:

1. Download aplikasi cek bansos di Google play store
2. Lakukan registrasi atau buatlah akun di aplikasi tersebut.
3. Lengkapi identitas diri.
4. Masuk di Daftar Usulan.
5. Klik Tambah Usulan.
6. Isi data diri yang mau diusulkan PKH, lalu pilih jenis bansos PKH.
7. Bila pendaftaran sudah selesai, maka kamu bisa menunggu proses verifikasi dan validasi.

Proses verifikasi dan validasi oleh pemerintah memang membutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga membutuhkan kesabaran, mengingat aplikasi ini bisa diakses oleh siapa saja yang menginginkan untuk mendapat bantuan.

Bila kamu tidak sabar menantikan proses verifikasi dan validasi yang lama dari aplikasi cek bansos, kamu bisa juga melakukan pengajuan pendaftaran melalui kelurahan atau desa setempat. Yakni dengan membawa KTP dan KK untuk pendaftaran.

Selanjutnya akan dilakukan musyawarah tingkat desa untuk penetapan daftar penerima yang layak mendapat bantuan, hasilnya kemudian akan diserahkan pada dinas sosial dan dilaporkan pada kepala daerah dan diteruskan pada Kementrian Sosial.

 

Sumber: