Cara Memakai Kondomn untuk Pria, Wanita Juga Harus Tahu

Cara Memakai Kondomn untuk Pria, Wanita Juga Harus Tahu

Cara memakai kondom yang benar - Ilustrasi: Pixabay--

JABAR EKSPRES – Untuk mencegah kehamilan dan infeksi menular seksual, tentu sebagian dari Anda memilih memakai kondom saat berhubungan badan. Namun, Anda perlu mengetahui cara memakai kondom yang benar.

Kondom adalah alat kontrasepsi yang terbuat dari karet lateks atau karet sintetis yang disebut polusoprene atau plastik yang sangat tipis bernama poliuretan. Ada dua jenis kondom yaitu kondom untuk pria dan wanita. Kami akan memaparkan cara memakai kondom yang benar perlu untuk pria, namun wanita juga perlu tahu.

Kondom digunakan pria di area penis untuk mencegah air mani atau sperma masuk ke dalam vagina wanita saat ejakulasi agar tidak terjadi pembuahan dalam rahim. Gunakanlah kondom saat penis sudah ereksi atau mengeras dan belum bersentuhan dengan kulit pasangan.

Cara memakai kondom yang benar untuk pria

Saat berhubungan seks, pastikan kondom tetap terpasang di penis. Jika terlepas atau pelumas pada kondom habis, Anda harus ganti kondom yang baru.

Jangan memakai dua kondom sekaligus dengan alasan untuk mencegah kebocoran. Hal tersebut justru malah meningkatkan risiko permukaan kondom robek karena terjadi pergesekan antara dua kondom.

Berikut adalah cara memakai kondom yang benar untuk pria agar bisa memberikan perlindungan yang ampuh saat berhubungan badan:

  1. Lihat tanggal kadaluwarsa kondom, bila masih aman, buka kemasan plastik kondom secara perlahan dan hati-hati. Jangan merobeknya dengan gigi atau gunting untuk menghindari kondom ikut robek di dalamnya.
  2. Keluarkan kondom dalam kemasan, jangan sampai jatuh ke lantai atau benda yang tidak higenis.
  3. Jepit ujung kondom yang terdapat di bagian tengah lingkaran dengan jari untuk mencegah udara masuk.
  4. Sambil memegang lingkaran kondom, tempatkan ujung kondom di kepala penis. Pastikan penis sudah ereksi sempurna saat memakai kondom.
  5. Buka gulungan kondom dengan lembut ke arah pangkal penis. Jika gulungan kondom tidak bisa diturunkan, berarti pemakaiannya tidak tepat atau terbalik.
  6. Jangan dibalikkan, ambil kondom baru jika telah melakukan kesalahan tersebut dan mulai dari awal.
  7. Ketika selesai berhubungan dan telah mengalami ejakulasi, segera keluarkan penis dari dalam vagina.
  8. Sambil mengeluarkan penis, tahan ujung kondom pada pangkal penis agar kondom tidak terlepas.
  9. Usai penis sepenuhnya keluar dari vagina, tarik kondom dari penis secara perlahan agar sperma di dalamnya tidak tumpah keluar.
  10. Bungkus kondom bekas dengan tisu dan buang ke tempat sampah.

Dengan mengetahui cara memakai kondom yang benar, Anda sebagai pria dapat mencegah pembuahan sperma di dalam rahim wanita. Kondom juga cara paling mudah dan murah untuk mencegah penularan penyakit seksual saat berhubungan badan. Jika ingin mengetahui beragam pilihan metode atau alat kontrasepsi lain yang aman untuk digunakan, segera konsultasikan ke dokter yang tepat.

Sumber: