Waspada! Covid-19 Varian XBB Masuk Jabar, Dinkes Sebut 2 Orang Terkonfirmasi Positif

Waspada! Covid-19 Varian XBB Masuk Jabar, Dinkes Sebut 2 Orang Terkonfirmasi Positif

Salah satu pegawai melalukan test Swab Antigen. -Ilustrasi/Sandi-

BANDUNG - Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Barat (Jabar) membenarkan bahwa kini telah mencatat adanya temuan varian baru COVID-19 varian XBB.

kata Ketua Tim Surveilens dan Imunisasi Dinkes Jabar, dr. Dewi Ambarwati menyebutkan, telah ditemukan sebanyak dua kasus COVID-19 varian XBB di Jabar.

"Varian baru XBB sudah masuk di Jabar. Itu dua kasus yang terlaporkan di Dinkes Jabar," katanya saat dikonfirmasi di Kota Bandung, Jum'at (11/11).

dr. Dewi mengatakan, laporan varian baru tersebut telah masuk ke Dinkes Jabar sejak Tiga hari lalu.

Menurutnya, dengan ditemukannya kasus baru tersebut, dapat menjadi ancaman baru dalam penyebaran Covid 19 Jawa Barat.

"Laporan masuk di tiga hari lalu dan dua duanya (yang terkonfirmasi XBB) itu di Kabupaten Bogor,” katanya

Selain itu, dr. Dewi mengatakan, transmisi varian tersebut dinilai sangat cepat. Terlebih, dapat membuat peningkatan kasus covid 19 Jawa Barat melonjak tajam.

"Di Singapura juga sudah mengalami peningkatan (kasus Covid 19). Dan Kemenkes (Kementerian Kesehatan) juga sudah mengeluarkan warning (peringatan)," ungkapnya

Untuk mengantisipasi hal tersebut, dr. Dewi menghimbau kepada masyarakat untuk  melakukan kembali terkait denganpenerapan protokol kesehatan (Prokes). Selain itu, sisiplin 5 M harus kembali diterapkan.

"Sekarang kita melihat orang pakai masker sudah agak lalai, apalagi handsanitizer itu harus mulai diingatkan lagi kepada masyarakat, yang jelas prokes," pungkasnya.(san)

Sumber: