Naringgul Longsor, Batu Seukuran Mobil Timpa Jalan

Naringgul Longsor, Batu Seukuran Mobil Timpa Jalan

Bongkahan batu besar yang membelah jalur coba digeser ke tepi Jalan di Kecamatan Naringgul--

 

CIANJUR - Untung tidak ada korban jiwa. Akibat hujan lebat sedari siang sekitar pukul 12.00 pada Sabtu (22/10), tebing di Kampung Babakan RT 04/02 Desa Balegede Kecamatan Naringgul longsor. Kejadiannya sekitar pukul 15.00. 

 

Lokasinya persis di jalur perbatasan Desa Sukabakti. Batu besar seukuran mobil pun minimpa jalan dan sempat menutupi badan jalan yang merupakan akses utama di Ciwidey-Cianjur Selatan. 

 

Deni Haryanto (35), warga Desa Balegede, mengatakan, longsor terjadi di Tanjakan Bantaracap. 

 

"Kejadiannya sekitar pukul 15.00 WIB, hujan besar dari siang pukul 12.00 WIB," katanya saat dikonfirmasi Cianjur Ekspres, Sabtu (22/10/2022). 

Akibat longsor tersebut, ungkap Deni, sebuah batu berukuran besar berada di tengah jalan.

 

"Saat ini masih pembersihan material longsor, dan kendaraan sudah bisa melintas meski buka tutup," katanya.

 

Sementara itu Kepala Desa Balegede Asep Anwar, mengatakan, peristiwa longsor tebing Bantaracap tersebut terjadi saat hujan deras dengan intensitas cukup tinggi mengguyur wilayah tersebut sejak siang.

 

“Hujan dari siang terus menerus mengguyur. Tepatnya sekitar pukul 15.00 WIB, tebing tidak kuat menahan dan longsor ke badan jalan,” kata dia kepada wartawan saat dihubungi melalui sambungan telepon seluler, Sabtu (22/10/2022).

 

Asep mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, karena saat kejadian longsor tidak ada kendaraan yang melintas.

 

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, karena saat longsor waktu itu hujan cukup deras, jadi jalan sepi kendaraan,” ujarnya.

Dirinya mengatakan, proses pembersihan material longsor melibatkan petugas dari kepolisian dan TNI dibantu warga

 

"Sekarang sudah bisa dilintasi oleh mobil dengan  cara buka tutup," katanya. (*)

 

Sumber: