Ratusan Warga Dapat Fasilitas Layanan KB Gratis di Cigudeg Bogor

Ratusan Warga Dapat Fasilitas Layanan KB Gratis di Cigudeg Bogor

Petugas DP3A2KB Kabupaten Bogor saat memeriksa warga di puskesmas, Desa Banyuasih, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor. -Foto : Sandika Fadilah/Jabarekspres.com-

BOGOR- Ratusan warga Kampung Cijambe, Desa Banyuasih Kecamatan Cigudeg Kabupaten Bogor mendapatkan fasilitas layanan KB gratis dari Pemerintah, pada Rabu (12/10).

Program pemerintah melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Bogor ini sengaja diselenggarakan secara jemput bola dengan cara terjun langsung kewilayah.

Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Barat, Wahidin mengatakan, Dalam pelayaanan KB tersebut dilakukan pemasangan alat kontrasepsi pada akseptor berupa suntik, IUD (Intra-Uterine Device), implan dan pil.

“Saya bersama Pak Sekda dan Kepala DP3AP2KB Kabupaten Bogor memantau langsung jalannya pelayanan KB ini. Kepada akseptor kita berikan cinderamata untuk menambah motivasi mengikuti layanan KB ini,” ujar Wahidin kepada media, Rabu 12 Oktober 2022.

Masih cukup banyaknya pasangan usia subur yang memiliki anak lebih dari dua, kegiatan ini harus menjadi prioritas di wilayah ini agar memberikan pelayanan yang maksimal.

Masyarakat di wilayah Kecamatan Cigudeg tersebut ketika hendak berobat menggunakan Fasilitas Kesehatan harus memakan waktu yang cukup banyak , lantaran akses menuju Fasks ini sangatlah jauh.

“Karena sepertinya akses ke Faskes cukup jauh, maka pelayanan KB mobile ini diharapkan kan mudah-mudahan bisa membantu hingga tanggal 9 November mendatang. nanti kami akan sisir dan petakan mana saja di wilayah ini yang diprioritaskan dengan metode kontrasepsi jangka panjang,”tambahnya

Sementara itu, Kepala DP3A2KB, Nurhayati mengatakan, antusias masyarakat cukup tinggi dalam mengikuti pelayanan Keluarga Berencana tersebut.

“Kita memberikan layanan 120 KB suntik, kemudian ada juga 19 implan dan 3 IUD. Nanti disaat penutupan TMMD pun Insyaallah kita akan melaksanakan layanan serupa,” kata Nurhayati.

Nurhayati berharap dengan adanya kegiatan ini, masyarakat Cigudeg khususnya di Desa Banyuasih menjadi keluarga sejahtera, keluarga yang bahagia lahir batin dan sehat lahir batin dengan mengikuti program KB.

"Harapnya pada program KB ini dapat menjadi keluarga yang bahagia, keluarga bahagia akan berdampak baik terhadap lingkungan sekitar," pungkasnya (SFR)

Sumber: