Melebihi Kapasitas, Truk Bermuatan Kaca Terguling di Simpang Buahbatu

Melebihi Kapasitas, Truk Bermuatan Kaca Terguling di Simpang Buahbatu

Truk bermuatan kaca tebal terguling di Simpang Buahbatu, Kota Bandung. Rabu (5/10). -Foto. Instagram @beritakotabandung.-

BANDUNG - Truk bermuatan kaca tebal dengan Nomor Polisi Z 9189 CN terlibat kecelakaan tunggal terguling di simpang Buahbatu, Kota Bandung pada Rabu (5/10) pagi sekitar pukul 09.00 WIB tadi.

Kecelakaan tunggal tersebut, kata Kepala Unit penegak Hukum (Kanit Gakum) Satlantas Polrestabes Bandung, Iptu Arif, disebabkan oleh beban muatan yang dibawa melebihi kapasitas.

"Jadi sekitar jam 9 pagi truk melaju dari arah keluar Tol (Buahbatu) dari Rancaekek tujuannya mau ke toko di wilayah timur Cibiru, mau antar kaca tapi oleng pada saat belok karena bebannya terlalu berat." Ucapnya saat dikonfirmasi, Rabu (5/10).

Arif menjelaskan, dari insiden tersebut dipastikan tidak ada korban baik jiwa maupun luka-luka.

"Kebetulan TL (Traffic light) sedang hijau, sehingga di kanan dan kirinya tidak ada kendaraan lain yang melintas," katanya

Akan tetap, truk yang dikemudikan oleh dua orang yakni kondektur dan supir berinsial NS (30) tersebut mengalami kerugian materil hingga puluhan juta rupiah.

"Ini murni kecelakaan tunggal tidak ada korban luka-luka cuman materil saja, kerugiannya diperkirakan sampai Rp 30 juta," imbuhnya

Arif menuturkan, dari insiden tersebut proses evakuasi sempat memakan waktu, karena truk bermuatan kaca tebal tersebut terguling tepat ditengah jalan.

Serpihan kaca yang menyebar dijalanna sangat membahayakan bagi pengguna jalan.

"Jalan sempat ditutup karena untuk memudahkan proses evakuasi kendaraan," imbuhnya

Sementara, Kepala Bidang Ketertiban dan Keamanan Transportasi (KKT) Dishub Kota Bandung, Asep Kuswara mengatakan bahwa adanya insiden tersebut, arus lalulintas di Simpang Buahbatu mengarah ke timur sempat mengalami kepadatan.

"Kemungkinan supirnya itu melakukan manuver (belok) secara mendadak. Apalagi dengan beban muatan kaca yang cukup berat sehingga terguling," pungkasnya saat dikonfirmasi terpisah.

(San).

Sumber: