Jokowi Bagikan Bantuan bagi Warga dan Pedagang di Pasar Cicaheum

Jokowi Bagikan Bantuan bagi Warga dan Pedagang di Pasar Cicaheum

Presiden RI Joko Widodo tengah memantau kondisi pasar Cicaheum bersama Iriana Widodo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil beserta Atalia Praratya, dan Tri Rismaharini, di Pasar Cicaheum, Minggu (28/8). -(Arvi/Jabar Ekspres)-

BANDUNG - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menyapa dan memberikan bantuan kepada warga serta pedagang di Pasar Cicaheum, Minggu (28/8). Bantuan yang warga dapatkan berupa sembako Program Keluarga Harapan (PKH).

Berdasarkan pantauan Jabar Ekspres, Jokowi berkeliling ke sekitar pasar bersama Ibu Negara Iriana Widodo.

Didampingi Menteri Sosial Tri Rismaharini, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Wali Kota Bandung, Yana Mulyana dan jajaran Kemensos dan pemerintah daerah, Presiden Jokowi terlihat membagikan paket sembako kepada masyarakat yang berada di lokasi. Tak hanya itu, uang tunai senilai Rp1.200.000 diberikan kepada pedagang untuk bantuan modal usaha.

Jokowi pun sempat berdialog dengan para penerima program PKH. Dia mengingatkan bahwa bantuan yang diberikan agar digunakan untuk modal usaha.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bergurau di sela-sela antusias warga menerima bantuan, "Jangan buat skincare ya," ujarnya bercanda.

Iwan S (46) pengidap disabilitas, mengaku sangat bahagia atas modal usaha yang diberikan oleh Jokowi. "Saya bisa berjualan keliling dengan motor ini. Dikasih juga sama pak Jokowi, minyak, gula beras, kopi, dan mie instan," ujarnya kepada Jabar Ekspres.

Dia menambahkan, Kementerian Sosial memberikan bantuan berupa kursi roda senilai 24 Juta dan berupa satu unit motor Yamaha.

"Terima kasih Pak Jokowi dan Bu Risma. Saya akhirnya bisa berjualan meski punya kekurangan. Semoga berkah," tandas Iwan.

Setelah memberi bantuan, Presiden Jokowi lantas berkeliling di Pasar Cicaheum untuk menyapa pedagang yang berjualan di lokasi. Usai mendatangi para warga, Presiden Jokowi memberikan keterangan kepada media.

"Bantuan sembako kepada penerima manfaat PKH dan juga memberikan tambahan modal usaha, tambahan modal kerja kepada pedagang di pasar," ujar Presiden Jokowi.

Sementara terkait revitalisasi pasar,
Jokowi mengatakan akan menyerahkan persoalan kepada Gubernur Jawa Barat dan Wali Kota Bandung.

"Kalau memang perlu untuk dibangun, jadi memang ini kepemilikan lahannya milik BUMD. Tadi saya tawarkan bangun tapi ini milik BUMD," jelasnya.

Setelah menghadiri acara di Pasar Cicaheum, Presiden Jokowi melanjutkan kegiatan ke acara Musyawarah Rakyat (Musra) di Sport Jabar, Arcamanik. Kegiatan yang diinisasi oleh seluruh organisasi relawan Jokowi.

(Arv)

Sumber: