Car Free Day Bandung Tidak Digelar, Terkendala Anggaran dan Covid-19

Car Free Day Bandung Tidak Digelar, Terkendala Anggaran dan Covid-19

Kepala Bidang Keamanan dan Ketertiban Transportasi Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung Asep Kuswara tengah memberi paparan kepada wartawan di Balai Kota Bandung, Rabu (24/8). -(Foto: Ist.)-

BANDUNG, RadarJabar - Dinas Perhubungan Kota Bandung mengungkapkan bahwa kegiatan Car Free Day (CFD) tidak akan digelar sepanjang 2022. Berbagai kendala menjadi penghalang, seperti peningkatan covid dan nihil anggaran untuk melangsungkan kegiatan tersebut.

“Karena covid kita tidak bisa gelar CFD. Jadi kami tidak menganggarkan di 2022, tapi di bulan Juli kita mengadakan rapat dengan stakeholder dan jajaran kepolisian. Kita mengajukan agar ada anggaran perubahan, sampai saat ini anggaran perubahan itu sampai saat ini tidak ada,” ujar Kepala Bidang Keamanan dan Ketertiban Transportasi Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung Asep Kuswara di Balai Kota Bandung, Rabu, 24 Agustus 2022.

Dia menambahkan, kendala anggaran terjadi karena Kota Bandung tengah mengalami defisit APBD. Sehingga pihaknya masih belum bisa memastikan terkait penggelaran Car Free Day di tahun ini, Asep juga paham betul bahwa masyarakat antusias menunggu kegiatan itu digelar kembali.

Asep mengaku, kegiatan CFD memberikan dampak kepada pengurangan emisi gas. Dia sendiri menilai bahwa CFD perlu digelar.

"Keputusan ada di kepala dinas seperti apa. Kita hanya pelaksana di lapangan," bebernya.

Asep menambahkan, pelaksanaan CFD sering disalahgunakan masyarakat. Diantaranya dimanfaatkan untuk berjualan, membawa hewan dan pemutaran musik dengan volume tinggi. Apabila CFD akan digelar, maka pihaknya akan menindak hal tersebut.  

“Itu akan diatur seandainya CFD diberlakukan,” tutur Asep.*** (Arv)

 

Sumber: