Sambut Hari Jadi Jawa Barat, Pemprov Sediakan 77.777 Hidangan Gratis untuk Warga

Sambut Hari Jadi Jawa Barat, Pemprov Sediakan 77.777 Hidangan Gratis untuk Warga

Warga memenuhi stan makanan di kawasan Gedung Sate untuk mencicipi hidangan gratis, Jumat (19/8).-(Foto: Arvi/Jabar Ekspres)-

BANDUNG, RadarJabar — Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) tengah menggelar beragam acara  dalam peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-77.

Pemprov Jabar membuka Festival Kuliner Jawa Barat yang dimeriahkan oleh 27 stan dari seluruh kota/kabupaten di Jabar.

Lantas, warga dari beragam usia membanjiri kawasan Gedung Sate. Belum sampai penghujung acara di sore hari, makanan sudah habis dinikmati warga.

Namun, warga kerap berdatangan untuk menikmati variasi makanan dari seluruh Jawa Barat.

Salah satu stan yang dipadati pengunjung adalah stan dari Kota Bogor yang menawarkan tiga jenis kuliner khas kota hujan, salah satunya Doclang, makanan yang terdiri dari lontong yang disiram bumbu kacang kental, dan biasanya dinikmati bersama kerupuk dan telur rebus. Selain Doclang, ada pula Toge Goreng dan Roti Unyil, yang disajikan gratis untuk seluruh pengunjung.

“Masing-masing jenis kuliner itu kami menyediakan 1.010 porsi, jadi total ada 3.030 porsi,” ujar Analis Kepegawaian Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kota Bogor Ija Novida saat ditemui wartawan di kawasan Gedung Sate, Jumat (19/8).

Dia mengatakan, total kuliner yang dijajakan dalam festival ini berjumlah sebanyak 77.777 porsi, mulai dari kudapan hingga makanan berat. Seluruh masyarakat, kata dia, dapat menikmati seluruh pilihan sajian tanpa dipungut biaya apapun alias gratis.

“Kalau dari 27 kota kabupaten Jabar itu 77.777 porsi dari beragam jenis kuliner khas wilayah masing-masing, dan 3.030 nya dari Kota Bogor,” jelasnya.

Melalui acara ini, dia berharap pesta rakyat ini dapat dinikmati oleh segala kalangan masyarakat.

Kuliner khas Jawa Barat, sambung dia, juga diharapkan dapat semakin dikenal oleh masyarakat umum, dan semakin membentuk citra Jabar sebagai provinsi dengan ragam kuliner yang kaya.

“Semoga acaranya bisa berlangsung lancar dan sukses. Masyarakat juga bisa menikmati dan tau bahwa jenis kuliner di Jabar itu banyak dan beragam, bisa dinikmati okeh seluruh masyarakat,” harapnya.

Harapan serupa juga diungkapkan Ricky Anggara. Penanggung jawab stan dari Kabupaten Garut ini berharap, seluruh pengunjung dapat menikmati sajian kuliner yang disajikan seluruh stan dari berbagai daerah di Jabar.

Dia juga mengapresiasi antusias warga yang membanjiri lokasi festival dan turut memeriahkan perayaan hari jadi provinsi tertua di Indonesia ini.

“(Acaranya) Lebih meriah lah dibanding Garut, karena memang melibatkan seluruh kota kabupaten di Jabar ya. Kalau di Garut kan paling satu wilayah aja ya. Di sini juga ada banyak acara acara juga ya bukan hanya festival kuliner,” ujarnya.

Sumber: