Kerap Resahkan Warga Jakarta Barat, 6 Pelaku Begal Bersenjata Tajam Ditangkap Polisi

Kerap Resahkan Warga Jakarta Barat, 6 Pelaku Begal Bersenjata Tajam Ditangkap Polisi

Polres Metro Jakarta Barat sukses enam pelaku begal di kawasan Jakarta Barat--disway.id

JAKARTA- Enam pelaku begal bersenjata tajam, yakni berinisial MR alsias D, IF alsias P, RH alias H, AA alias K, FG alias FZ dan MP alias An berhasil diamankan pihak kepolisian dari Polres Metro Jakarta Barat.

Begal yang kerap melakukan aksinya sejak bulan Maret hingga Juli 2022 ini diamankan polisi lantaran sudah meresahkan masyarakat, khusunya warga Jakarta Barat.

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat AKBP Joko Dwi Harsono mengatakan setidaknya ada tiga laporan kepolisian yang mereka terima terkait kasus tersebut.

Setelah ditelusuri, ternyata keenam pelaku ini sudah melakukan aksinya sebanyak 13 kali.

"Berawal dari adanya 3 laporan polisi yang masuk, lalu setelah ditelusuri dari data laporan polisi yang kami terima, keenam pelaku telah terdaftar dalam aksi kejahatan sebanyak 13 Laporan Polisi (LP), " ujar Akbp Joko Dwi Harsono saat dikonfirmasi, Jumat, 19 Agustus 2022.

Adapun lokasi yang kerab dijadikan tempat beraksinya, yaitu daerah Kembangan, Palmerah, Kebon Jeruk, dan Tanjung Duren.

"Terdapat 13 TKP, mereka telah melakukan aksi kejahatan dengan merampas kendaraan milik masyarakat," ucap Joko.

Adapun motifnya yaitu dengan cara menyasar pengendara sepeda motor yang sedang sendiri. 

Melalui polisi, para pelaku tersebut juga mengatakan bahwa sebelum melakukan aksinya, mereka menyempatkan dirinya untuk minum minuman keras terlebih dahulu. 

"Pelaku modusnya dengan mencari sasaran yang mengendarai sepeda motor sendiri dan sepi serta sebelum beraksi para pelaku terlebih dahulu menenggak minuman keras," jelasnya. 

Lebih lanjut, Joko menjelaskan kejadian tersebut berawal saat korban, bernama Mohammad Luthfi Prayogi, sedang melintasi daerah Jl.Tanjung Duren Selatan, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat bersama dengan temannya.

Pelaku yang membawa senjata tajam, memaksa korban untuk turun dari sepeda motornya dan berusaha membacok korban. Beruntungnya korban berhasil menghindar dan melarikan diri.

Korban pun dibawa sendiri tanpa membawa sepeda motor miliknya sehingga motor tersebut pun berhasil dibawa oleh para pelaku.

Atas kejadian tersebut, korban pun melaporkannya ke Polsek Tanjung Duren dan polisi pun langsung melakukan penyelidikan dan berhasil melakukan pelaku di lokasi yang berbeda.

Sumber: