Waspada! Dua Penyakit Ini Jadi Ancaman Serius Menjelang Pensiun Kerja

Waspada! Dua Penyakit Ini Jadi Ancaman Serius Menjelang Pensiun Kerja

Ilustrasi: Pemeriksaan Katarak--

Sejumlah penyakit kini mulai mengancam usia muda yakni 40 hingga 50 tahun menjelang pensiun kerja.Penyakit tersebut diantaranya tulang keropos dan katarak

Dalam talkshow Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) bersama Alumni Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) UI’82, Ahli Kesehatan dari RSUI dr. Wahyu Ika Wardhani, M.Biomed, M.Gizi, Sp.GK (K), mengatakan tulang dan mata menjadi permasalahan kesehatan pada usia pensiun.

“Kami mengharapkan kita semua dapat mencintai tubuh kita supaya tetap produktif dan bahagia dengan kesehatan yang optimal,” ungkapnya, Jumat (29/7).

Di Indonesia sendiri katarak menjadi salah satu penyebab kebutaan nomor satu. Dan kebutaan ini semakin mengalami peningkatan. Katarak merupakan suatu penyakit yang beriringan dengan usia, pada saat usia harapan hidup semakin panjang, maka kejadian katarak semakin meningkat.

“Periksa rutin perlu diperhatikan supaya saat terjadi hal yang tidak diharapkan, kita dapat mencegahnya agar tidak terjadi kerusakan yang lebih lanjut dan bisa diperbaiki," ungkap Dokter Spesialis Mata RSUI dr. Syska Widyawati, Sp.M(K), M.Pd.Ked,.

Selain katarak, menurut Dokter Ortopedi dan Traumatologi dari RSUI dr. Mohammad Triadi Wijaya, Sp.OT(K), menyebutkan kesehatan yang sangat dibutuhkan di setiap fase kehidupan salah satunya adalah kesehatan tulang. Saat usia bertambah penurunan masa tulang akan semakin cepat berkurang apabila tidak diwaspasadai atau dicegah akan berisiko mengalami masalah kesehaatn tulang seperti osterporosis.

“Penurunan kepadatan tulang sudah terjadi pada usia 30- 40 tahun, apabila kita tidak bisa merubah pola hidup, kemungkinan bisa terkena masalah kesehatan tulang di kemudian hari. Untuk itu tulang butuh stimulasi menjadi kuat, stimulasinya berupa tekanan seperti berdiri atau berlari serta menjaga asupan vitamin D dan kalsium," ucapnya.

"Dengan ini kita harapkan kualitas hidup tetap baik dan kehidapan mandiri di usia lanjut dapat dicapai," sambungnya.

Solusinya, masyarakat diminta menerapkan pola hidup sehat dengan selalu menjaga nutrisi gizi seimbang. Selain itu, penting untuk selalu deteksi dini dan melakukan Medical Check Up apalagi menjelang usia pensiun kerja.

 

Sumber: