Belum Dibooster, Ratusan Pengunjung Mall di Bogor Dilarang Masuk oleh Puluhan Polwan

Belum Dibooster, Ratusan Pengunjung Mall di Bogor Dilarang Masuk oleh Puluhan Polwan

DIPERIKSA: Salahsatu pengunjung Mall Botani Square, Kota Bogor saat sedang dilakukan pengecekan sertifikasi vaksinasi oleh personil Polisi Wanita (Polwan) Polresta Bogor Kota, Minggu (17/7).- (Yudha Prananda/Jabar Ekspres)-

BOGOR - Ratusan pengunjung mall yang berada di Kota Bogor ditolak masuk, oleh puluhan polwan yang berjaga didepan pintu masuk pusat berbelanjaan, pada Minggu (17/7). Mereka dilarang masuk lantaran terpantau belum melakukan vaksinasi dosis 3 atau booster.

Pemeriksaan dan himbauan terkait program vaksinasi booster kembali digencarkan jajaran Polresta Bogor Kota. Yakni dengan melakukan penjagaan ketat pada akses masuk disejumlah pusat perbelanjaan di Kota Bogo.

Tak kurang dari 20 Polwan diterjunkan untuk memeriksa kedatangan para pengunjung di dua lokasi. Yakni, Mall Botani Square dan Bogor Trade Mall (BTM). Mereka melakukan pengecekan Vaksin Booster pada setiap pengunjung yang datang melalui Aplikasi Peduli Lindungi.

Kapolresta Bogor Kota Kombes Susatyo Condro Purnomo menyebut, hal itu merupakan bagian dari ikhtiar jajaran Polresta Bogor Kota untuk meningkatkan rasa aman serta nyaman ketika mendatangi suatu pusat keramaian, salah satunya di pusat perbelanjaan.

Disamping itu, lanjut Sustyo, penambahan kasus harian status Covid-19 di Kota Bogor juga menjadi dorongan. Dengan demikian, polisi membuat langkah atau upaya penanganan guna menekan penyebaran Covid-19 dengan membuat aturan pembatasan mobilitas hingga melakukan arahan kepada masyarakat untuk segera melakukan Vaksinasi Booster.

Dia menjelaskan, penyekatan disejumlah tempat untuk melakukan himbauan vaksinasi tahap tiga ini akan kembali digencarkan. Jajaran Polwan yang disiagakan memeriksa satu persatu kedatangan pengunjung. Jika didapati pengunjung yang belum menerima Vaksin Booster, pihaknya mengedukasi para pengunjung dan menghimbau untuk segera melakukan vaksin tahap tiga tersebut.

"Personil Polwan melakukan himbauan kepada pengunjung mall yang belum melakukan Vaksin Booster dan mengarahkan ke Gerai Vaksin yang tersedia didalam Mall Botani Square," ungkapnya kepada Jabar Ekspres, Minggu (17/7).

Dari pengamanan dan sosialisasi di dua mall tersebut, sambung dia, terdata sebanyak ratusan pengunjung belum menerima Vaksin Booster. Lalu, para petugas melarang untuk masuk sebelum yang bersangkutan melakukan Vaksinasi Booster.

"Dalam 2 jam, 643 pengunjung Mall Botani dan Mall BTM ditolak masuk. Karena tidak bisa menunjukkan sertifikat vaksin booster pada aplikasi peduli lindungi," paparnya.

Sementara, Penanggung Jawab Mall Botani Square dari Polresta Bogor Kota, Kompol Pahyuniati menambahkan, jajaranya melakukan pengecekan pada pukul 10.30 WIB hingga 14.00 WIB.

Dia menyebar jajaranya ke empat akses pintu masuk mall tersebut. Masing-masing pintu masuk dijaga lima orang Polwan. Hingga pukul 14.00 WIB ada sekitar 780 pengunjung.

"Setiap pintu masuk dijaga ketat. Tim melakukan pengecekan sertifikasi vaksinasi yang dimiliki pengunjung. Tim memeriksa di lobby depan, pintu masuk samping J.Co, dan didua pintu masuk Basement," tandasnya. (YUD)

 

 

Sumber: