Hotel Siap Fasilitasi Pendirian Gerai Vaksinasi Booster

Hotel Siap Fasilitasi Pendirian Gerai Vaksinasi Booster

Ilustrasi vaksinasi -(Foto: Sandi/Jabar Ekspres)-

JabarEkspres.com, BANDUNG — Dalam rangka percepatan vaksinasi Covid-19 dosis ketiga (booster), Pemerintah Kota Bandung menaikkan target menjadi 50 persen atau 976.179 sasaran, hingga akhir Agustus 2022 mendatang.

Sejak memberlakukan kewajiban vaksinasi dosis tiga (booster) bagi masyarakat yang berniat beraktivitas di ruang publik, kini Pemerintah Kota Bandung tengah menggencarkan pengadaan gerai vaksinasi di berbagai tempat-tempat publik.

Ketua Himpunan Humas Hotel Bandung (H3B) Bartolomeus Ricky Oey mengatakan, komunitas perhotelan di Kota Bandung siap mendukung program percepatan vaksinasi booster.

Dia juga mengatakan bersedia untuk memfasilitasi pendirian gerai vaksinasi di hotel-hotel di Kota Bandung, terutama di Harris Hotel & Conventions Festival Citylink Bandung.

“Ingin sekali, Harris Festival Citylink sebagai hotel yang memiliki Convention dan Ballroom terbesar, memang beberapa kali sudah buka (gerai vaksinasi) dan kalau misalnya ada program vaksinasi yang ingin kerjasama dengan hotel, silahkan, kami sangat terbuka sekali. Dengan senang hati, kita tunggu sekali,” kata dia saat dihubungi, Jumat (15/7).

Untuk menyukseskan upaya percepatan vaksinasi booster ini, Dinkes Kota Bandung telah menggandeng sejumlah pihak mulai dari camat dan lurah, yang akan bertugas memantau kemajuan vaksinasi booster di wilayah masing-masing, mengkoordinasikan semua sumber daya di wilayah kerja, dan menggerakkan sasaran vaksinasi booster.

Diskominfo juga dikerahkan untuk mendukung sosialisasi kegiatan vaksinasi booster, mendukung jaringan internet pelaksanaan vaksinasi massal, dan mengedukasi masyarakat demi menangkal informasi hoax terkait vaksinasi.

Dinas Pendidikan juga diarahkan untuk mengkoordinasikan sasaran vaksinasi untuk tenaga pendidik dan tenaga penunjang pendidikan lainnya.

“Disdagin juga kita minta untuk bekerja sama dengan asosiasi dan perusahaan daerah pasar untuk memastikan para pelaku usaha mendapatkan vaksinasi booster,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Ahyani Raksanagara, menambahkan bahwa sejumlah dinas lain seperti Disbudpar, Dishub, Satpol PP dan DLHK juga dirangkul untuk bersama menyukseskan target pencapaian vaksinasi booster ini.

Untuk mencapai target 8.102 dosis per hari, maka setidaknya Pemkot Bandung harus mendistribusikan 271 dosis per hari ke seluruh kecamatan, atau sekitar 54 dosis di setiap kelurahan se-Kota Bandung. Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Ahyani Raksanagara mengatakan, saat ini Dinkes Kota Bandung masih menunggu jadwal pasti dari pengelola pasar maupun pusat perbelanjaan yang bersedia memfasilitasi pengadaan gerai vaksinasi.*** (Arv)

Sumber: Jabar Ekspres