Inspirasi Menu Lebaran  Idul Adha yang Beda dari Biasa

Inspirasi Menu Lebaran  Idul Adha yang Beda dari Biasa

Inspirasi Menu Lebaran Idul adha yang beda dari biasanya. -instagram-

Perayaan Hari Raya Idul Adha menjadi hari yang istimewa, terutama bagi muslim yang berkurban. Banyak menu akan disajikan dari aneka olahan daging. Agar lebaran menjadi lebih istimewa, berikut akan di sajikan inspirasi aneka menu lebaran yang beda dari biasanya.

Seperti hari besar yang lain, Lebaran Idul Adha, di rumah-rumah umat muslim  juga akan banyak menerima tamu, sanak saudara dan keluarga. Maka wajib hukumnya menyediakan sajian istimewa untuk menjamu tamu.

Bila menu Lebaran Idul Fitri identik dengan ketupat opor ayam, kari dan sambal goreng. Maka Lebaran Idul Adha akan lebih spesifik dengan hidangan serba daging. Baik daging sapi maupun kambing.

Beberapa variasi hidangan daging sapi kurban yang biasa ada disetiap rumah seperti, sate, rendang, tongseng, dan sup iga tentu sudah tidak asing. Karenanya disini akan diberikan menu yang lain dari biasanya, sehingga Lebaran Idul Adha tahun ini akan menjadi lebih istimewa.

Berikut sajian menu berbahan daging yang bisa menjadi inspirasi pada Lebaran tahun ini, seperti dilansir dari masakapahariini.com.

  1. Malbi

Semur khas Palembang ini sejatinya dibuat dari daging kambing.

Malbi atau sering juga disebut semur daging khas Palembang. Menu ini bisa dibuat dari daging kambing atau daging dengan ciri khas rasa manis gurih sekaligus berempah.

Malbi bisa kamu buat dari daging sapi potongan sengkel, tanjung, atau potongan daging yang butuh proses memasak yang lama untuk membuatnya jadi empuk.

Bila membeli di supermarket, kamu bisa membeli potongan daging yang sama untuk rendang, semur, atau empal.

  1. Gulai Daging Sapi

Gulai daging sapi untuk inspirasi menu Lebaran Idul Adha.

Hidangan Lebaran Idul Adha kurang lengkap rasanya bila tak ada menu daging bersantan seperti gulai daging sapi.

Masakan ini bisa dibuat kalau kamu mendapat potongan daging sapi sandung lamur, daging iga, atau daging sapi bagian sengkel.

Supaya lebih lengkap, jangan lupa juga menyiapkan ketupat atau lontong dan acar sayuran.

  1. Sate Maranggi

Hidangan sate berbahan daging sapi atau daging kambing ini banyak ditemukan di Jawa Barat daerah Purwakarta dan Karawang.

Sumber: