Fitur Baru Channel Facebook, Dapat Join Diskusi Dengan Topik Khusus

Fitur Baru Channel Facebook, Dapat Join Diskusi Dengan Topik Khusus

--

Meta kemungkinan mengadaptasi layanan populer dalam produknya seperti fitur baru channel dalam Facebook.

Fitur tersebut dapat menghubungkan pengguna satu sama lain dalam lingkup yang lebih kecil.

Para pengguna Facebook dapat membuat channel untuk terhubung dengan grup mereka dalam pengaturan yang lebih santai. Serta dapat melakukan diskusi yang lebih terfokus.

Terdapat tiga jenis channel yang dapat di buat, yakni obrolan (chat), audio dan umpan (feed).

Channel obrolan dapat di pakai sebagai tempat bagi orang untuk mengirim pesan, berkolaborasi dan berbincang topik tertentu. Yang pastinya secara lebih real-time di grup Facebook maupun Messenger.

Kemudian audio, yang memungkinkan admin serta anggota melakukan percakapan audio secara real-time.

Facebook mencatat bahwa meski channel audio mulai dengan audio, pengguna dapat menyalakan kamera kapan saja. Ruang audio ini sangat mirip dengan Discord.

Selanjutnya ialah umpan atau feed. Facebook menjelaskan, admin grup dapat mengatur komunitas mereka dengan topik tertentu dalam grup agar anggota terhubung dengan minat yang lebih spesifik.

“Admin dapat mulai membuat channel untuk terhubung dengan grup mereka dalam pengaturan yang lebih kecil dan lebih santai di mana mereka dapat berdiskusi lebih dalam tentang minat yang sama atau mengatur komunitas mereka di sekitar topik dalam format yang berbeda,” ujar Maria Smith, wakil presiden komunitas di Facebook, di sebuah pernyataan.

Facebook pun menguji sisi tampilan baru yang membuat semua grup pengguna lebih menonjol di aplikasinya. Dan memiliki pintasan khusus untuk membuat saluran baru.

Untuk saat ini, semua fitur ini masih dalam tahap uji coba. Sehingga, fitur tersebut hanya tersedia untuk sebagian kecil pengguna.

Namun, perusahaan bermaksud meluncurkan fitur baru channel Facebook ini untuk pengguna secara keseluruhan dari waktu ke waktu.

Pembaruan ini muncul ketika Facebook mengincar perubahan yang lebih besar untuk aplikasi utamanya. Perusahaan pun sedang membuat desain ulang dengan rekomendasi berbasis AI.

Pada saat yang sama, tampilan sisi baru di maksudkan untuk memastikan. Jika bagian Grup tetap menonjol dan mudah di akses setelah tampilan feed utama aplikasi berubah.

Sumber: