Kondisi Halte di Cileunyi Memprihatinkan

Kondisi Halte di Cileunyi Memprihatinkan

Halte bus di pinggir Jalan Raya Tagog Cinunuk, Desa Cinunuk, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung yang kondisinya rusak.-Yanuar/Jabar Ekspres-

CILEUNYI - Halte di wilayah Desa Cinunuk, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung rusak terbengkalai hingga tak bisa dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

Berdasarkan pantauan dari Jabar Ekspres, fasilitas umum mulai dari pintu hingga kaca sudah tidak terpasang. Kondisi Halte pun tertutup rindangnya ranting pohon.

Tidak ada kursi tunggu atau papan layar informasi. Kondisi tersebut membuat halte seakan hanya menjadi hiasan pinggir jalan bagi pengendara yang melintas.

Halte tersebut satu-satunya tempat pemberhentian kendaraan umum di sana, karenanya beberapa orang terpaksa tetap menggunakan halte sebagai tempat menunggu.

Kedatangan angkutan kota (angkot) atau bus tetap menjadi harapan masyarakat meski harus berdiri di luar halte karena kondisinya yang tak nyaman digunakan sebagai fasilitas umum.

Pemeliharaan halte yang berlokasi di pinggir Jalan Raya Tagog Cinunuk, Desa Cinunuk, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung itu terlihat sudah lama belum ada perhatian dari pihak pemerintah.

Saat dikonfirmasi, Sekretaris Camat Cileunyi, Dadang Sumpena membenarkan, kondisi halte tersebut memang belum ada perhatian khusus, sehingga pemeliharaannya tergolong kurang.

"Kalau halte yang di sana itu memang sudah rusak. Tapi itu asetnya bukan milik (Pemerintahan) Kabupaten Bandung," kata Dadang kepada Jabar Ekspres, Senin (20/6).

Disampaikan Dadang, halte bus di Desa Cinunuk, Cileunyi, Kabupaten Bandung yang rusak itu asetnya merupakan milik Pemerintahan Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar). Karenannya, kewenangan untuk perbaikan dan pemeliharaan berada di tingkat Pemprov Jabar.

"Kita dari Kecamatan (Cileunyi) bersama pihak Desa (Cinunuk) dibantu satgas Bandung Bedas Bersih selalu membersihkan Halte," ujarnya.

"Supaya tidak terlalu kotor, soalnya sering banyak sampah juga jadi kita hanya sebatas memelihara kebersihannya, karena itu aset milik Pemprov Jabar," lanjut Dadang.

Menurutnya, kondisi halte bus yang rusak itu memang sudah seharusnya dilakukan perbaikan dan pemeliharaan, supaya lebih nyaman ketika digunakan masyarakat.

"Kalau (pihak) Kecamatan Cileunyi sebatas merawat kebersihannya, karena itu asetnya punya Pemorov Jabar. Tapi tetap kita upayakan supaya tidak terlalu kotor, tidak terlalu mengganggu," imbuh Dadang.

Dadang berharap perbaikan serta pemeliharaan halte bus yang berdiri di wilayah Desa Cinunuk, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung itu bisa segera dilakukan pembenahan. (bas)

Sumber: