Salurkan bantuan TJSL senilai Rp2,3 miliar dan hadirkan konektivitas satelit di wilayah terdampak seiring dengan upaya pemulihan infrastruktur jaringan.
RADAR JABAR, Kuala Simpang, 17 Desember 2025 – Lebih dari dua pekan pasca bencana longsor dan banjir bandang di wilayah Sumatra, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) bersama jajaran operating company TelkomGroup terus konsisten menerapkan langkah tanggap darurat. Melalui berbagai program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), TelkomGroup menyalurkan bantuan bagi masyarakat terdampak di Aceh, Sumatra Utara, dan Sumatra Barat yang mencakup bantuan konektivitas dan kemanusiaan. Penyaluran ini akan terus dilanjutkan dengan terkoordinasi sesuai dengan kebutuhan pengungsi serta ketersedian logistik di lapangan. Hingga Senin (15/12), bantuan yang sudah tersalurkan kepada masyarakat terdampak oleh TelkomGroup mencapai total nilai Rp2,311 miliar. Penyaluran dilakukan melalui koordinasi dengan pemerintah daerah, BPBD Provinsi, tokoh masyarakat, pengurus tempat ibadah, relawan, rumah sakit dan layanan publik, serta posko pengungsian, agar bantuan tepat sasaran dan dapat menjangkau seluruh wilayah yang masih sulit untuk diakses. Distribusi bantuan kemanusiaan dan logistik berupa bahan makanan sembako, obat-obatan, logistik, pakaian layak pakai, hingga pembangunan dapur umum saat ini tercatat telah dimanfaatkan oleh lebih dari 25 lokasi dan titik pengungsian yang tersebar di Aceh, Sumatra Utara, dan Sumatra Barat. Selain bantuan logistik, TelkomGroup juga menghadirkan dukungan konektivitas digital melalui penyediaan internet satelit dari PT Telkom Satelit Indonesia (Telkomsat) sejak terjadinya bencana. Layanan internet satelit Telkomsat dipasang di 13 lokasi terdampak, yang terdiri dari 6 titik lokasi di Aceh, 5 lokasi di Sumatra Utara, dan 2 lokasi di Sumatra Barat. Penyebaran titik pusat konektivitas darurat yang didukung oleh satelit Telkomsat difokuskan dengan prioritas wilayah terdampak yang membutuhkan dukungan konektivitas lebih tinggi. Kehadiran layanan internet satelit ini ditujukan untuk mendukung koordinasi penanganan bencana, operasional posko pengungsian, serta kelancaran komunikasi bagi seluruh masyarakat, relawan, dan pihak lainnya. BACA JUGA:TelkomGroup Kerahkan 13.700 Personel Siaga 24/7 Jaga Layanan Digital NATARU 2025/2026 “Penanganan bencana membutuhkan dukungan lintas fungsi yang bergerak cepat dan terkoordinasi. Dari sisi infrastruktur jaringan, Telkom memastikan konektivitas tetap tersedia untuk mendukung operasional posko, komunikasi antar relawan, serta layanan publik di wilayah terdampak. Penyediaan internet satelit dari Telkomsat di lokasi-lokasi prioritas menjadi bagian dari upaya kami agar proses recovery yang dilakukan TelkomGroup lebih efektif dan tentunya kebutuhan komunikasi masyarakat tetap dapat terpenuhi di tengah masa pemulihan,” ujar Direktur Network Telkom Nanang Hendarno. TelkomGroup juga menyediakan layanan akses internet gratis yang tersebar di tujuh titik posko bencana meliputi Kantor Wilayah Telkom Sumut, Kantor Wilayah Telkom Banda Aceh, Pusat Layanan Telkom Sigili, Kantor Wilayah Telkom Sibolga, Kantor Wilayah Telkom Sumbar, dan Pusat Layanan Telkom Talu, dengan mempertimbangkan lokasi posko di titik strategis. Sebagai bentuk sinergi TelkomGroup dan instansi, dukungan konektivitas turut disediakan di lokasi Pemprov Aceh-Sumut serta Diskominfo setempat guna memastikan kelancaran posko pemda. Layanan posko internet gratis akan terus dioperasikan secara optimal untuk mendukung kebutuhan komunikasi warga terdampak, relawan, serta pemangku kepentingan dalam koordinasi penanganan bencana. Sejalan, SGM Social Responsibility Telkom Hery Susanto mengatakan, “Hadirnya TelkomGroup dalam situasi darurat bukan hanya soal mengirimkan bantuan, tetapi memastikan masyarakat terdampak bisa kembali bangkit dengan dukungan yang tepat. Sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan, kami memiliki tanggung jawab untuk turut menjaga ketangguhan masyarakat. Teknologi dan kepedulian sosial harus berjalan beriringan, karena keberlanjutan tidak hanya berbicara tentang lingkungan, tetapi juga kemampuan masyarakat untuk pulih dari bencana. Kami berharap kolaborasi lintas pihak dapat mempercepat pemulihan di wilayah terdampak,” ujar Hery. Bantuan ini merupakan bagian dari implementasi program TJSL TelkomGroup untuk mendukung percepatan pemulihan pasca bencana dan situasi tanggap darurat. Di samping itu, upaya pemulihan layanan telekomunikasi terus dilakukan secara bertahap dengan fokus percepatan recovery layanan saat ini diarahkan ke wilayah Aceh. Tim teknis TelkomGroup bekerja 24/7 untuk memperbaiki infrastruktur yang terdampak, menormalkan jaringan, serta memperkuat konektivitas darurat di area prioritas. Melalui sinergi antara perusahaan, pemerintah, dan masyarakat, TelkomGroup berkomitmen menghadirkan aksi kemanusiaan yang relevan, nyata, dan berkelanjutan bagi warga terdampak bencana.TelkomGroup Salurkan Bantuan Kemanusiaan dan Aktifkan 13 Titik Internet Satelit untuk Korban Bencana Sumatra
Kamis 18-12-2025,06:32 WIB
Reporter : Eneng Suryani
Editor : Eneng Suryani
Kategori :
Terkait
Kamis 18-12-2025,06:32 WIB
TelkomGroup Salurkan Bantuan Kemanusiaan dan Aktifkan 13 Titik Internet Satelit untuk Korban Bencana Sumatra
Rabu 17-12-2025,14:34 WIB
Direktur TI BPJS Kesehatan Sapa Peserta JKN di RSUD Jampangkulon Sukabumi
Rabu 17-12-2025,12:41 WIB
TelkomGroup Kerahkan 13.700 Personel Siaga 24/7 Jaga Layanan Digital NATARU 2025/2026
Selasa 16-12-2025,11:42 WIB
Jelang Libur Nataru, PLN Resmikan SPKLU Center ke-6 di Bandung
Terpopuler
Kamis 18-12-2025,06:32 WIB
TelkomGroup Salurkan Bantuan Kemanusiaan dan Aktifkan 13 Titik Internet Satelit untuk Korban Bencana Sumatra
Kamis 18-12-2025,13:20 WIB
Pemkab Bogor Pertimbangkan Tambah Sektor Damkar Baru
Kamis 18-12-2025,13:47 WIB
Residivis Kembali Tertangkap Usai Diduga Lakukan Pemalakan di Pasar Parung
Kamis 18-12-2025,13:15 WIB
Akhir Tahun Makin Seru, “The Twisted NOM” Hadirkan Sensasi Pasar Kreatif Unik di Cihampelas Walk
Kamis 18-12-2025,06:25 WIB
PLN UID Jawa Barat Dukung Kegiatan Komunitas Kendaraan Listrik 'EVenture Siaga SPKLU Nataru'
Terkini
Kamis 18-12-2025,22:14 WIB
Diduga Putus Cinta Pria Hilangkan Nyawanya Sendiri, Ketua RW: Badannya Sudah Kaku
Kamis 18-12-2025,22:05 WIB
T Temukan Langsung Sang Kekasih Gantung Diri di Pintu Kamar Mandi
Kamis 18-12-2025,20:31 WIB
PMR dan PMI Kabupaten Bandung Gelar Kegiatan Jumpa Bakti Gembira
Kamis 18-12-2025,20:26 WIB
Pria Ditemukan Gantung Diri di Cibinong, Diduga Putus Cinta
Kamis 18-12-2025,20:06 WIB