BACA JUGA:UPI Gandeng Menteri P2MI Resmikan Migrant Center UPI: Pusat Layanan dan Edukasi Calon Pekerja Migran
BACA JUGA:Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat, UPI Latih Pokdarwis Cikahuripan Susun Modul Geowisata
Dua Kunci Sukses: Perubahan Perilaku dan Manajemen
Model edifikasi kepemimpinan berdiri pada dua pilar utama. Pertama, perubahan perilaku yang mencakup kepemimpinan digital bertahap, keterbukaan pikiran yang tetap menghormati budaya Indonesia, membangun kepercayaan diri dari pengalaman sukses, dan kemampuan merencanakan masa depan secara realistis.
Kedua, perubahan manajemen yang fokus pada pengembangan jaringan internet secara bertahap, manajemen perubahan yang melibatkan semua pihak, transformasi digital yang menggabungkan teknologi sederhana dengan cara tradisional, dan strategi inovasi yang meminimalkan risiko.
"Kolaborasi adalah kunci utama. Tidak bisa sendirian, harus bersama-sama," ungkap Wina Romdhani, salah satu kepala sekolah yang terlibat dalam penelitian.
Kearifan Lokal Bertemu Teknologi Modern
Keunikan model ini terletak pada penggabungan nilai-nilai tradisional Indonesia seperti "ing ngarso sung tuladha, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani" dengan tuntutan kepemimpinan modern.
Lili Indriati dari SD Negeri Budi Mulya menceritakan pengalamannya: "Budaya dan nilai-nilai tetap jadi pegangan kami sebagai pemimpin sekolah. Teknologi hanya alat bantu, yang penting bagaimana kita memimpin dengan hati dan memberikan contoh yang baik."
Solusi Praktis untuk Sekolah Pedesaan
Penelitian ini tidak mengabaikan realitas kondisi sekolah pedesaan. Infrastruktur teknologi terbatas, proses adaptasi teknologi yang memerlukan waktu, dan budget yang pas-pasan justru dijadikan peluang untuk berinovasi secara kreatif.
"Kami tidak memaksakan sekolah menggunakan teknologi canggih yang mahal. Yang penting bagaimana memanfaatkan yang ada secara optimal dan bertahap," jelas Asep Dikdik, anggota tim peneliti.
Diskusi Lanjutan September 2025
Tim peneliti akan melakukan diskusi lanjutan dengan para kepala sekolah untuk membahas implementasi model kepemimpinan ini pada Kamis, 18 September 2025. "Kami akan evaluasi efektivitasnya berdasarkan peningkatan kinerja sekolah dan kepuasan guru, serta siswa," ungkap Asep Dikdik.
Tim peneliti juga berencana menerbitkan buku panduan praktis dan mendaftarkan hak kekayaan intelektual untuk melindungi konsep inovasi ini. Ke depan, model ini dapat diadaptasi untuk sekolah pedesaan di daerah lain dengan karakteristik serupa.