Grab Indonesia Hadirkan 'GERCEP' Grab Respon Cepat sebagai Bentuk Perlindungan Mitra dan Solidaritas Kemanusia

Rabu 03-09-2025,10:36 WIB
Reporter : Salma Sepina Nurdini
Editor : Salma Sepina Nurdini

RADAR JABAR, Jakarta, 2 September 2025 — Gelombang aksi penyampaian sikap di berbagai kota Indonesia dalam beberapa hari terakhir telah menimbulkan dinamika yang memengaruhi mobilitas dan keselamatan masyarakat. Menghadapi tantangan ini, Grab Indonesia hari ini melakukan pengenalan “GERCEP” Grab Respon Cepat, sebuah inisiatif darurat terpadu dengan 3 pilar utama yang dirancang untuk memastikan Mitra Pengemudi tetap terlindungi di tengah dinamika aksi penyampaian sikap di berbagai kota.

Langkah ini merupakan bagian dari komitmen Grab untuk melindungi Mitra sebagai garda terdepan layanan, sekaligus memperkuat sistem keamanan dan keselamatan seluruh ekosistem Grab.

Namun lebih dari sekadar melindungi Mitra Pengemudi, inisiatif ini lahir dari nilai kemanusiaan. Grab percaya bahwa di balik setiap helm, setiap mobil, dan setiap perjalanan, ada manusia dengan keluarga, harapan, dan kehidupan yang patut dijaga. Karena itu, GERCEP bukan hanya wujud tanggung jawab kepada Mitra, tetapi juga bentuk solidaritas kemanusiaan yang melibatkan keluarga Mitra.

Dukungan medis, konseling psikologis, bantuan ekonomi, hingga pendampingan langsung di lapangan mencerminkan komitmen bahwa keselamatan dan martabat manusia selalu lebih utama daripada sekadar kelancaran layanan.

Sebelumnya, Grab telah memiliki Incident Response Team (IRT) dan Satgas (Satuan Tugas) yang difokuskan untuk menangani respon keamanan bagi Mitra Pengemudi. Namun, dalam situasi khusus seperti gelombang aksi penyampaian sikap ini, Grab menghadirkan kanal tambahan melalui GERCEP agar penanganan darurat dapat dipisahkan dari respon keamanan rutin.

Dengan demikian, setiap laporan terkait keadaan darurat dapat ditangani lebih cepat, terstruktur, dan tidak tercampur dengan alur penanganan insiden keamanan sehari-hari.

Tiga Pilar Utama Saluran Khusus Darurat

Mulai 2 September 2025 sampai pemberitahuan selanjutnya, Mitra di seluruh Indonesia dapat memanfaatkan “GERCEP” Grab Respon Cepat ini melalui tiga kanal aksesibilitas:

1. Saluran Darurat Khusus: 021-2350-7032

Jalur telepon prioritas yang langsung menghubungkan Mitra dengan para agen yang terlatih menangani situasi tanggap darurat, serta didukung sistem antrean khusus.

○ Eskalasi cepat ke Tim Manajemen Krisis bila situasi membutuhkan tindak lanjut.

2. HelpCenter “Bantuan Tanggap Darurat”

○ Laman artikel khusus yang bisa diakses Mitra Grab.

○ Tersedia formulir pelaporan serta tombol “Hubungi Kami” untuk mengajukan bantuan. Link di sini grb.to/gercep.

3. Layanan LiveChat dalam HelpCenter

○ Fitur obrolan instan yang memudahkan Mitra berkomunikasi langsung dengan para agen yang terlatih menangani situasi tanggap darurat.

○ Didukung agen LiveChat khusus dengan antrean prioritas.  

Dukungan Menyeluruh di Balik Saluran Khusus

Grab menghadirkan ekosistem perlindungan terpadu:

● Perlindungan Medis & Psikologis Semua biaya perawatan medis Mitra terdampak ditanggung penuh, termasuk biaya di luar asuransi/BPJS. Layanan konseling psikologis juga tersedia untuk membantu Mitra dan keluarga pulih dari trauma.

Kategori :