RADAR JABAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor memastikan kesiapan teknologi informasi di Command Center untuk mendukung kelancaran dan kesuksesan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bogor pada 27 November 2024.
Hal ini disampaikan langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Ajat Rochmat Jatnika, saat meninjau fasilitas Command Center di Gedung Sekretariat Daerah, Cibinong, pada Senin (18/11).
"Kami memastikan dari sisi teknologi informasi yang dipersiapkan dapat memberikan informasi cepat kepada pimpinan dan masyarakat terkait Pilkada. Sekarang sudah H-9, maka kita harus mempersiapkan segala perangkat yang menunjang," ungkap Ajat Rochmat Jatnika pada Senin (18/11/2024).
Ia menegaskan bahwa sistem informasi yang telah disiapkan sangat mumpuni. Dan bahkan bisa melakukan beberapa simulasi terkait quick count.
BACA JUGA:Pemkab Bogor Raih Penghargaan Bergengsi atas Komitmen Perlindungan Konsumen
BACA JUGA:Warga Ciapus Geger, Granat Tangan Aktif Ditemukan di Pos Kamling
"Artinya, para penyelenggara di lapangan juga bisa langsung melaporkan secara real time. Sekian detik akan langsung diinformasikan ke kita. Bahkan, kita bisa melakukan beberapa simulasi terkait quick count dan lainnya," jelasnya.
Fasilitas di Command Center kini memungkinkan pimpinan daerah untuk mendapatkan informasi terkini tentang kondisi di lapangan, baik yang terkait dengan kebencanaan, cuaca buruk, maupun potensi ancaman lainnya.
"Jika pimpinan terinformasikan dengan baik terkait perkembangan kondisi di lapangan, mereka bisa memberikan komando langsung dari Command Center," imbuhnya.
Ajat juga menyebut bahwa Command Center kini lebih representatif dibandingkan sebelumnya, dengan berbagai penyempurnaan yang dilakukan berdasarkan pengalaman Pilpres sebelumnya.
BACA JUGA:KPU RI Apresiasi Kinerja Pemilu Kabupaten Bogor
BACA JUGA:BPTD Kelas II Jawa Barat Lakukan Ramp Check Bus Pariwisata Jelang Natal 2024 dan Tahun Baru 2025
"Ada 10 operator yang siaga selama 24 jam, gabungan dari Diskominfo, BPBD, Dishub, RSUD, dan beberapa dinas lainnya," terangnya.
Selain itu, ia meminta agar tim Command Center terus meningkatkan kualitas dan kuantitas informasi yang disampaikan.
"Pelayanan kepada masyarakat harus lebih cepat dan berkualitas, masyarakat juga harus mudah mengakses layanannya," pungkas Ajat.