Festival Roeang Kita 2024 di Bandung, Upaya Kemenkeu Dukung UMKM Jabar Naik Kelas

Sabtu 26-10-2024,20:41 WIB
Reporter : Salma Sepina Nurdini
Editor : Salma Sepina Nurdini

RADAR JABAR - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengadakan Festival Roeang Kita pada 26-27 Oktober 2024 di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, untuk membantu produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Jawa Barat berkembang ke tingkat yang lebih tinggi.

 

“Festival Roeang Kita 2024 hadir untuk memberikan informasi terhadap peran dan fungsi Kementerian Keuangan di daerah yang pada kesempatan kali ini kami dapat mempromosikan 200 UMKM asal Jawa Barat,” ujar Kepala Perwakilan Kemenkeu Jabar, Kurniawan Nizar, di Bandung, Sabtu (26/10).

 

Nizar menjelaskan bahwa festival ini diikuti oleh 200 UMKM, terdiri dari 156 yang dibina oleh Kemenkeu Jabar dan 44 lainnya oleh Bank Indonesia serta berbagai lembaga perbankan.

 

Mengangkat tema “Membangun Kemandirian Ekonomi Lokal Melalui UMKM,” festival ini bertujuan memperkuat posisi UMKM sebagai motor penggerak ekonomi di Jawa Barat.

BACA JUGA:Ahmad Syaikhu Sebut Desa Wisata Dorong Pertumbuhan Ekonomi dan Menekan Pengangguran

BACA JUGA:Cagub Jabar Ahmad Syaikhu Bahas Masalah Pertanian Bersama Tokoh Masyarakat Sumedang

 

“Kegiatan ini kami harap dapat mempromosikan produk-produk berkualitas dari UMKM Jawa Barat kepada masyarakat luas dan calon mitra bisnis,” tambah Nizar.

 

Selain pameran, festival juga menghadirkan sesi business matching antara pelaku UMKM dan Kedutaan Besar RI di Malaysia serta Singapura, untuk membuka peluang ekspor.

 

“Para pelaku UMKM juga diberikan wawasan mengenai potensi dan peluang di pasar internasional, sehingga mereka dapat memahami dinamika dan kebutuhan pasar global,” ungkap Nizar.

Kategori :