Hati-Hati! 7 Efek Samping Kunyit Jika Dikonsumsi Terlalu Sering

Sabtu 19-10-2024,23:03 WIB
Reporter : Cucun siti Maryam
Editor : Cucun siti Maryam

Oleh karena itu, disarankan untuk tidak mengonsumsi kunyit dalam jumlah besar bagi mereka yang membutuhkan asupan zat besi yang tinggi.

5. Peningkatan Risiko Pendarahan

Kunyit memiliki sifat anti-koagulan, yang berarti dapat menghambat proses pembekuan darah. Bagi mereka yang sedang dalam pengobatan dengan obat pengencer darah atau mereka yang akan menjalani operasi, konsumsi kunyit dalam jumlah besar dapat meningkatkan risiko pendarahan.

Dokter sering menyarankan untuk berhenti mengonsumsi kunyit setidaknya dua minggu sebelum operasi untuk mengurangi risiko komplikasi selama prosedur.

6. Volume Darah Saat Haid Meningkat

Bagi wanita, kunyit juga dapat memengaruhi siklus menstruasi. Mengonsumsi kunyit secara berlebihan bisa merangsang kontraksi rahim dan menyebabkan pendarahan yang lebih banyak saat menstruasi.

Meskipun kunyit sering digunakan untuk mengatasi masalah menstruasi ringan, konsumsi berlebihan dapat justru memperparah kondisi ini. Wanita yang mengalami menstruasi berat sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi kunyit dalam bentuk suplemen.

7. Risiko Pembentukan Batu Ginjal

Kunyit mengandung oksalat, senyawa yang dapat meningkatkan risiko pembentukan batu ginjal jika dikonsumsi dalam jumlah besar. Oksalat ini dapat berikatan dengan kalsium di dalam tubuh dan membentuk kristal yang akhirnya akan mengendap di ginjal.

Jika kamu memiliki riwayat batu ginjal atau berada dalam risiko tinggi mengalami masalah ginjal, sebaiknya batasi konsumsi kunyit agar tidak meningkatkan risiko tersebut.

 

Tags : #reaksi alergi #masalah pencernaan #kunyit #efek samping kunyit #detak jantung tidak teratur
Kategori :

Terkait

Terpopuler

Terkini