8 Tanaman Herbal yang Ampuh Bantu Atasi Flu: Tips Sederhana yang Bisa Dicoba di Rumah

Sabtu 19-10-2024,20:39 WIB
Reporter : Eneng Suryani
Editor : Eneng Suryani

RADAR JABAR - Kalau kamu lagi kena flu, nggak usah langsung panik! Selain istirahat dan minum air putih yang cukup, ada beberapa tanaman herbal yang bisa jadi sahabat saat flu menyerang. Nah, yuk kenalan dengan beberapa tanaman yang punya khasiat ampuh ini!. 

Flu bisa bikin hari-hari jadi nggak nyaman, mulai dari hidung tersumbat, sakit tenggorokan, sampai badan pegal-pegal. Tapi, jangan khawatir! Selain obat-obatan, beberapa tanaman herbal juga bisa membantu meredakan gejala flu secara alami.

Daftar Tanaman Herbal yang Ampuh Bantu Atasi Flu

1. Jahe

Jahe nggak cuma bikin hangat, tapi juga bisa bantu meredakan gejala flu, lho! Dengan sifat anti-inflamasi yang dimilikinya, jahe mampu melemaskan otot saluran pernapasan.

Cara gampangnya, cukup geprek atau parut jahe, rebus dengan air panas, saring, dan minum selagi hangat. Niscaya, tenggorokan jadi lebih lega!

2. Madu

Manisnya madu bukan cuma enak, tapi juga bermanfaat untuk melawan flu. Kandungan antimikroba dan kemampuannya meningkatkan daya tahan tubuh bikin madu jadi pilihan tepat.

Kamu bisa minum satu sendok madu langsung atau campur ke dalam teh hangat, biar tenggorokan nyaman dan tubuh lebih fit.

 

BACA JUGA:5 Rekomendasi Minuman Herbal untuk Meredakan Flu, Kalian Sudah Tau?

BACA JUGA:8 Minuman Alami dan Ramuan Herbal untuk Mengatasi Flu dan Batuk Pada Anak

 

3. Bawang Putih

Meskipun aromanya kuat, bawang putih punya allicin yang bersifat antibakteri. Allicin ini bisa memperkuat sistem imun tubuh, jadi flu bisa lebih cepat sembuh. Kamu bisa makan bawang putih mentah (kalau kuat!) atau campur ke dalam masakan harian.

4. Echinacea

Kategori :