Pemkab Garut Ajak Swalayan dan Pasar Modern Dukung Produk Lokal

Kamis 10-10-2024,18:09 WIB
Reporter : Salma Sepina Nurdini
Editor : Salma Sepina Nurdini

RADAR JABAR - Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, mengimbau swalayan dan pasar modern untuk mendukung pemasaran produk lokal Garut agar penjualannya meningkat dan menguntungkan.

Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Garut, Budi Gan Gan, mengajak swalayan untuk menjadi wadah bagi produk lokal, seperti disampaikannya saat peresmian Gerai Super Indo Pramuka di Garut Kota.

"Harus menjadi wadah produk lokal untuk mendapatkan tempat di pasar luas, mari kita dukung menjadi belanja yang efisien," ujarnya pada Kamis (10/10).

Budi berharap kehadiran swalayan baru dapat menjadi pasar bagi produk usaha kecil menengah (UKM) di Garut. Dia mendorong swalayan untuk menjalin kemitraan dengan UKM, baik produk pangan maupun non-pangan, agar produk mereka dapat dipasarkan di pasar modern, sehingga UKM dapat berkembang.

BACA JUGA:Persiapkan Jadwal Debat untuk Cabup-Cawabup Bogor, Ini Kata Ketua KPU

BACA JUGA:KPU Kabupaten Bogor Tetapkan Batas Maksimal Dana Kampanye, Segini Jumlahnya

"Wajib mengikutsertakan pelaku usaha mikro, menjadi rantai pasok supaya usaha mikro menjadi hidup," ujarnya.

Ia juga menekankan pentingnya menyediakan produk dalam negeri dan mengutamakan produk lokal Garut di gerai-gerai swalayan.

"Wajib menyediakan produk dalam negeri," ujarnya.

Kehadiran swalayan baru seperti Super Indo di Garut dianggap penting, tidak hanya untuk memasarkan produk lokal, tetapi juga untuk membuka lapangan pekerjaan, yang diharapkan dapat membantu mengurangi angka pengangguran di daerah tersebut.

"Pemda Garut berkomitmen, kita membuka pintu selebar-lebarnya kepada investor untuk berinvestasi di Kabupaten Garut," ujarnya.

Ia berharap kehadiran investor tidak hanya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Garut, tetapi juga mampu menciptakan lapangan kerja baru, sehingga dapat membantu menurunkan angka pengangguran di daerah tersebut.

BACA JUGA:Mayat Perempuan Tanpa Identitas Ditemukan di Rancabungur Bogor

BACA JUGA:Syaikhu Siapkan Program Makanan Bergizi dan Telur ASIH untuk Atasi Stunting

Selama ini, penyerapan tenaga kerja masih menjadi fokus utama pemerintah daerah, sehingga diharapkan swalayan baru ini dapat membuka banyak peluang kerja di berbagai sektor.

Kategori :