RADAR JABAR - Dulu, untuk mengetahui musik atau lagu populer, kita biasanya mencarinya di acara-acara musik di televisi, di swalayan, atau melalui kolom trending di YouTube. Namun sekarang, sekitar 90% orang mengetahui musik melalui tren yang ada di aplikasi TikTok.
Aplikasi media sosial ini telah menjadi pusat perhatian di berbagai industri, termasuk industri musik. Baik itu melalui Reels di Instagram maupun Shorts di YouTube, sebenarnya semua video pendek yang ada di platform tersebut banyak terinspirasi dari TikTok.
TikTok telah mengubah industri musik dengan cara yang signifikan. Misalnya, Boywithuke meraih popularitas berkat lagu-lagunya yang viral di aplikasi ini. Lil Nas X juga menjadi terkenal setelah lagu "Old Town Road"-nya viral di TikTok.
Selain itu, Idgitaf, yang awalnya hanya seorang konten kreator di TikTok, kini menjadi penyanyi setelah lagunya viral. Banyak nama lain seperti Olivia Rodrigo juga mengikuti jejak yang sama.
Dari data-data tersebut, tidak dapat dipungkiri bahwa TikTok telah menjadi aplikasi yang sangat dominan, baik secara positif maupun negatif. Bahkan, perusahaan besar seperti Google dan Meta merasa terancam oleh keberadaan aplikasi video pendek asal Cina ini.
TikTok tidak hanya mengubah industri musik, tetapi juga memengaruhi berbagai industri lain, seperti industri media kreatif yang harus mengikuti tren dan beradaptasi dengan format video pendek.
BACA JUGA:Jangan Terlalu Lama Scrolling! Ini Rahasia Jahat Algoritma Tiktok Merusak Fokus Kita
BACA JUGA:Bahaya Standar Tiktok, Begini Caranya Agar Hidupmu Tidak Disetir FYP
Industri film pun harus meningkatkan standar kualitasnya untuk menarik perhatian audiens, karena ekspektasi masyarakat terhadap hiburan semakin tinggi akibat paparan konten TikTok.
Selain itu, di dunia e-commerce, tren live shopping menjadi metode utama dalam berjualan, sehingga TikTok Shop semakin diminati dibandingkan platform e-commerce lainnya.
Dengan demikian, tidak hanya perusahaan media sosial besar yang merespons, tetapi juga aplikasi e-commerce dan berbagai aplikasi lain mulai menyadari dampak besar dari TikTok.
Pengaruh Besar TikTok pada Industri Musik
Mari kita fokus pada industri musik. Apa yang membuat TikTok mampu mengubah industri musik? Sederhananya, ini berkaitan dengan perubahan kebiasaan.
Sekarang, cara orang mengetahui sebuah musik telah berubah. Dulu, seperti yang saya sebutkan, orang biasanya menemukan musik dari trending di YouTube atau lagu-lagu yang sering diputar di swalayan. Namun, kini semua acara tersebut justru bergantung pada musik-musik yang sedang tren di TikTok.
TikTok menjadi media promosi dan alat pengangkat (boosting) bagi para musisi. Ini semua berkat algoritma TikTok yang sangat acak; sekali muncul di halaman For You Page (FYP), sebuah konten bisa viral, tetapi di lain waktu, konten tersebut juga bisa sepi.
BACA JUGA:5 Situs Paling Banyak Dikunjungi di Dunia, Ada TikTok?