Rudy Susmanto Tekankan Integrasi Program SKPD Penting untuk Mitigasi Bencana

Selasa 08-10-2024,08:39 WIB
Reporter : ilham
Editor : Cucun siti Maryam

RADAR JABAR  – Calon Bupati Bogor nomor urut 1, Rudy Susmanto, berencana meningkatkan kesiapsiagaan bencana di wilayah Kabupaten Bogor. Rudy menjelaskan pentingnya integrasi program antar Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam upaya mitigasi bencana.

"Nah kalo ada integrasi antar program antar SKPD, pada saat mitigasinya sudah dilakukan, kita punya sebaran peta bencana, maka kita sudah tahu daerah kerawanan bencana dimana, maka ditutup pintu kerawanan Tersebut, disiapkan infrastruktur SDM penunjangnya," ujarnya pada Senin (07/10/2024).

Ia memberikan contoh konkret di wilayah selatan Puncak, yang dikenal rawan longsor, maka harus ada posko yang dilengkapi dengan alat berat.

BACA JUGA:Kebakaran Tiga Rumah di Bogor, Diduga Adanya Konsleting Listrik

BACA JUGA:Bawaslu Kabupaten Bandung Imbau KPU Layani Hak Pilih DPTb

"Di sini, kita perlu mendirikan posko yang dilengkapi dengan alat berat dan SDM terlatih. Dukungan dari masyarakat juga sangat penting dalam menciptakan lingkungan yang aman," tambahnya.

Tidak hanya itu, Rudy juga menyoroti program "desa tanggap bencana" yang akan dilanjutkan. Melalui program ini, masyarakat akan dididik dan dibekali dengan infrastruktur penunjang untuk penanganan bencana. 

"Kita harus memahami bahwa tiap tipe bencana memiliki karakteristik berbeda, seperti longsor dan banjir. Oleh karena itu, kita perlu menyesuaikan pendekatan kita," tuturnya.

Mantan ketua DPRD Kabupaten Bogor ini pun membahas jumlah posko yang akan ditentukan berdasarkan peta wilayah bencana nya.

BACA JUGA:Jika Terpilih, Rudy Susmanto Pastikan Adanya Alokasi Anggaran Daerah untuk Persikabo

BACA JUGA:Ngatiyana-Adhitia Yudisthira Sambangi Warga Kebon Cau dan Pedagang di Jalan Gandawijaya

"Itu akan ditentukan berdasarkan peta mitigasi bencana. Namun, semua ini memerlukan intervensi dari pemerintah daerah setelah kami diberikan amanah," jelasnya.

"Kalo secara pribadi hariini tentunya kita dengan beberapa komunitas dengan beberapa relawan, apa yang terjadi di Kabupaten Bogor kita bahu membahu untuk menyelesaikannya bersama-sama," pungkasnya.

Reporter: Muhamad Ilham Arizki

Kategori :