10 Sayuran Kaya Serat untuk Pencernaan Sehat yang Bisa Dicoba!

Kamis 03-10-2024,16:55 WIB
Reporter : Eneng Suryani
Editor : Eneng Suryani

RADAR JABAR - Siapa sih yang nggak pengen punya pencernaan yang sehat? Nah, salah satu kunci utama untuk menjaga kesehatan pencernaan adalah dengan mengonsumsi makanan yang tinggi serat, dan sayuran adalah pilihan terbaik.

Serat nggak cuma membantu melancarkan pencernaan, tapi juga bisa mencegah sembelit dan menjaga usus tetap sehat. Yuk, kita bahas beberapa sayuran yang terkenal bagus buat pencernaan kamu. 

Rekomendasi Sayuran Kaya Serat yang Bagus untuk Kesehatan Tubuh

1. Brokoli

Brokoli ini juara banget dalam hal kandungan serat. Dengan 2,6 gram serat per 100 gram, brokoli juga kaya akan vitamin dan mineral.

Selain bikin pencernaan kamu lancar, brokoli juga bisa bantu mencegah penyakit kronis lho. Nggak heran banyak yang suka sayuran hijau ini.

2. Wortel

Selain bagus buat mata, wortel juga tinggi serat. Dalam 100 gram wortel, kamu bisa dapat 2,8 gram serat. Jadi, selain bikin penglihatan sehat, wortel juga bisa bantu pencernaan kamu lebih lancar. Plus, wortel bisa diolah jadi berbagai makanan enak.

 

BACA JUGA:5 Makanan untuk Memperbaiki Pencernaan

BACA JUGA:10 Minuman Sehat Terbuat dari Herbal untuk Kelancaran Pencernaan, Salah Satunya Teh Kurkuma

 

3. Bayam

Sayur yang satu ini nggak cuma mengandung serat, tapi juga vitamin A, C, dan K. Konsumsi bayam bisa melunakkan feses dan bikin proses pencernaan lebih lancar. Makan bayam rutin, perut nyaman, tubuh juga sehat!

4. Kembang Kol

Kembang kol mengandung 2,14 gram serat per 100 gram. Selain serat, kembang kol juga kaya air, yang artinya bisa bantu cegah dehidrasi sekaligus bikin pencernaan lebih lancar. Jadi, kembang kol pas banget buat kamu yang pengen hidup sehat.

5. Kubis

Kubis terkenal sebagai sayuran rendah kalori, tapi jangan salah, seratnya lumayan banyak lho, sekitar 2 gram per 89 gram kubis. Selain bikin kenyang lebih lama, kubis juga kaya vitamin C yang bikin tubuh kamu makin sehat.

6. Asparagus

Asparagus yang dimasak mengandung sekitar 1,8 gram serat per 90 gram. Sayuran ini rendah kalori tapi punya manfaat besar buat pencernaan. Buat kamu yang lagi jaga berat badan, asparagus bisa jadi pilihan yang oke banget.

 

Kategori :