KPK Mendorong Wawancara Calon Pimpinan dan Dewan Pengawas Dilakukan Secara Terbuka

Selasa 17-09-2024,20:17 WIB
Reporter : Fadillah Asriani
Editor : Fadillah Asriani

RADAR JABAR- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendorong agar Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan dan Dewan Pengawas KPK melaksanakan sesi wawancara secara terbuka.

"Kami berharap wawancara calon pimpinan dan Dewan Pengawas KPK dilakukan terbuka dan bisa disaksikan oleh masyarakat melalui siaran langsung atau streaming. Ini penting untuk menunjukkan bahwa Pansel melaksanakan proses seleksi secara akuntabel dan transparan," kata Juru Bicara KPK, Tessa Mahardhika, di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Selasa.

Menurut Tessa, KPK perlu mengetahui latar belakang, visi-misi, serta program yang ditawarkan oleh masing-masing calon pimpinan dan Dewan Pengawas KPK.

"Hal ini memungkinkan KPK memberikan masukan atau penilaian atas wawancara tersebut, yang dapat menjadi pertimbangan bagi Pansel atau DPR dalam tahap fit and proper test," jelasnya.

 

 BACA JUGA:KPK Periksa Mantan Sekretaris MA Nurhadi Terkait Dugaan TPPU

BACA JUGA:Mobil Terparkir 2 Tahun, KPK Temukan Dokumen Penting soal Buron Harun Masiku

 

Selain itu, Tessa menambahkan bahwa KPK telah menyusun peta jalan jangka panjang pemberantasan korupsi, sehingga penting memastikan setiap kepemimpinan KPK selaras dengan peta jalan tersebut.

Proses wawancara ini menjadi kesempatan bagi publik untuk melihat lebih jauh visi-misi dan kompetensi calon pimpinan dan Dewan Pengawas KPK.

Pansel periode 2024–2029 telah mewawancarai 20 calon pimpinan dan 20 calon Dewan Pengawas KPK, dengan sembilan anggota Pansel serta empat panelis eksternal yang menguji peserta di Aula Serbaguna Gedung 3, Kementerian Sekretariat Negara.

Panelis untuk wawancara calon pimpinan KPK termasuk Taufiequrachman Ruki, Ketua KPK periode 2003–2007, dan mantan Ketua Dewan Etik ICW, Danang Trisasongko. Sedangkan panelis untuk calon Dewan Pengawas KPK adalah Ningrum Natasya Sirait, Guru Besar FH USU, dan Laode M. Syarif, Wakil Ketua KPK 2015-2019. Wawancara tersebut berlangsung terbuka hingga Jumat, 20 September.

Kategori :