Menteri PPN: Pembangunan Tahap 2 IKN Siap Dukung Penyelenggaraan Pemerintahan

Selasa 17-09-2024,14:02 WIB
Reporter : Fadillah Asriani
Editor : Fadillah Asriani

RADAR JABAR- Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa, menyatakan bahwa pembangunan tahap kedua dilakukan untuk memastikan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara siap mendukung kegiatan pemerintahan.

Pembangunan ini mencakup fasilitas seperti pertokoan, mal, rumah sakit, sekolah, dan fasilitas publik lainnya.

Suharso juga menambahkan bahwa tahap ini akan mencakup pembangunan yang bertujuan menarik minat ekonomi, seperti kafe dan pusat hiburan, agar orang-orang betah. Selain itu, fasilitas ibadah, seperti masjid, gereja, dan vihara, juga akan dibangun dalam tahap kedua.

Pemerintah berencana mendorong investasi dari pihak swasta, baik dari dalam maupun luar negeri. Saat ini, sudah ada sekitar 40 perusahaan domestik dan hampir 80 perusahaan asing yang berminat berinvestasi, meskipun waktu pasti dimulainya investasi bisa ditanyakan pada Otoritas IKN.

 

BACA JUGA:IKN Jamin Siapkan Air Bersih Siap Minum, Kereta Otonom, Hingga Smart Home

BACA JUGA:IKN Disebut Akan Jadi Kota Masa Depan Bagi Gen Z Dan Milenial

 

Sebelumnya, Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis H Sumadilaga, melaporkan bahwa progres pembangunan tahap pertama telah mencapai lebih dari 89 persen.

Pembangunan tahap pertama, yang dimulai sejak 2022, berfokus pada penyediaan infrastruktur dasar, seperti air, jalan, sanitasi, pengelolaan sampah, dan kantor pemerintahan.

Proyek ini direncanakan selesai dalam jangka panjang, sesuai Perpres Nomor 63 Tahun 2022, yang menetapkan IKN akan dibangun hingga tahun 2045.

Kategori :