Papua Juara Umum Tarung Derajat di PON 2021, Hanya Loloskan Satu Atlet ke PON 2024

Minggu 15-09-2024,17:56 WIB
Reporter : Eneng Suryani
Editor : Eneng Suryani

RADAR JABAR - Provinsi Papua yang menjadi juara umum pada cabang olahraga tarung derajat di Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2021, kini hanya meloloskan satu atlet untuk tampil di PON Aceh-Sumut 2024. Pertandingan tersebut akan digelar di Bale Meuseuraya Aceh (BMA), Kota Banda Aceh.

Asisten pelatih tim tarung derajat Papua, Akdamina Susana Epa, mengonfirmasi bahwa hanya satu atlet yang berhasil lolos melalui babak kualifikasi untuk PON Aceh-Sumut. "Kami datang ke sini hanya membawa satu atlet yang lolos di babak kualifikasi PON Aceh-Sumut," ujar Akdamina di Banda Aceh, Minggu.

Pada PON Papua 2021, tim Papua berhasil meraih gelar juara umum di cabang olahraga tarung derajat yang berlangsung di Gedung Eme Neme Yauware, Mimika. Tim tuan rumah tersebut sukses mengumpulkan empat medali emas, tiga medali perak, dan empat medali perunggu.

Meskipun keluar sebagai juara umum di PON 2021, tim Papua tidak mengirim banyak atlet untuk berlaga di PON 2024 di Tanah Rencong. Akdamina menyebutkan bahwa pihaknya awalnya membawa enam atlet ke babak kualifikasi PON Aceh-Sumut, namun hanya satu atlet yang berhasil lolos.

 

BACA JUGA:Tim Dayung Jawa Barat Melaju ke Final Perahu Naga PON Aceh-Sumut 2024

BACA JUGA:264 Atlet Pencak Silat Bersaing Rebut 22 Emas PON Aceh-Sumut

 

"Satu atlet Papua yang lolos akan turun di kelas berat putra, 75,1-80 kg," jelas Akdamina, yang merupakan peraih medali emas tarung derajat di PON Jawa Barat 2016. Ia juga menambahkan bahwa pihaknya telah menggelar persiapan selama enam bulan untuk mempersiapkan atlet tersebut.

Mengenai persiapan, Akdamina menyatakan bahwa timnya sudah menjalani berbagai latihan, mulai dari persiapan fisik umum hingga fisik khusus. "Kami sudah gelar persiapan fisik umum, persiapan fisik khusus, dan lainnya," ujarnya.

Saat ditanya mengenai peluang meraih medali emas, Akdamina menegaskan bahwa semua akan tergantung pada kemampuan sang atlet di atas matras. "Menang atau kalah, itu semua atlet yang memutuskan di atas matras. Kami sudah berikan yang terbaik, dan ini berpulang kepada sang atlet," tambahnya.

Sebanyak 21 medali emas akan diperebutkan oleh 22 provinsi yang menjadi peserta cabang olahraga tarung derajat di PON XXI Aceh-Sumut 2024. Ada tiga kategori pertandingan, yakni tarung dan seni gerak untuk atlet putra, putri, dan campuran.

 

BACA JUGA:Loncat Indah Putri Kembali Sumbang Emas Untuk Jawa Timur di PON 2024

BACA JUGA:Hari Kedua Cabor Esport PON Aceh-Sumut 2024 Pertandingkan 3 Nomor Gim, Derby Kalimantan di eFootball

Kategori :