WHO Evakuasi 97 Pasien Dari Jalur Gaza Ke Abu Dhabi

Kamis 12-09-2024,15:15 WIB
Reporter : Fadillah Asriani
Editor : Fadillah Asriani

RADAR JABAR- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengevakuasi 97 pasien dan orang yang terluka parah dari Jalur Gaza untuk mendapatkan perawatan medis di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA).

Dalam keterangannya pada Rabu (11/9) melalui platform X, Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus merinci upaya evakuasi tersebut, yang dilakukan di tengah serangan intensif Israel terhadap Gaza.

"WHO, bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri UEA dan mitra lainnya, telah berhasil mengevakuasi 97 pasien yang sakit dan terluka parah serta 155 pendamping dari Gaza. Ini merupakan evakuasi medis terbesar sejak Oktober 2023," jelas Tedros.

 

BACA JUGA:WHO Serukan Gencatan Senjata di Gaza Setelah Serangan Udara Mematikan

BACA JUGA:Serangan Israel di Zona Aman Gaza Gunakan Bom AS, Tewaskan Puluhan Warga Sipil

 

Ia menambahkan bahwa para pasien dipindahkan melalui Kerem Shalom ke Bandara Ramon di Israel sebelum melanjutkan perjalanan ke Abu Dhabi untuk menerima perawatan khusus.

Tedros menyebutkan bahwa 45 anak-anak dan 52 orang dewasa termasuk dalam kelompok pasien ini, yang menderita berbagai kondisi medis, seperti kanker, penyakit kardiovaskular, kelainan bawaan, penyakit darah dan hati, serta cedera akibat trauma.

Meskipun menghadapi tantangan operasional dan masalah keamanan yang signifikan, WHO dan para mitranya berhasil memastikan pemindahan pasien berjalan lancar, termasuk mendirikan fasilitas penerima di Rumah Sakit Eropa Gaza.

"Operasi yang sangat kompleks ini harus diselesaikan dalam tenggat waktu yang ketat untuk membawa seluruh pasien," ujar Tedros.

Ia juga menjelaskan bahwa misi khusus ini dilakukan untuk memastikan 8 pasien dan 12 pendamping dipindahkan dari Kota Gaza ke Rumah Sakit Eropa Gaza tepat waktu, serta untuk mengirimkan bahan bakar untuk vaksinasi polio yang sedang berlangsung.

Tedros mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada pemerintah UEA atas kerja sama mereka dan menyerukan dibangunnya koridor evakuasi melalui semua rute yang memungkinkan.

Kategori :