KPU Jabar Gelar Kirab Pilkada 27 Wilayah Tingkatkan Partisipasi Warga

Sabtu 07-09-2024,19:00 WIB
Reporter : Fadillah Asriani
Editor : Fadillah Asriani

RADAR JABAR- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat akan menyelenggarakan Kirab Pilkada 2024 di 27 kabupaten/kota se-Jabar dalam usaha untuk melakukan sosialisasi dan meningkatkan partisipasi pemilih dalam hajatan demokrasi daerah tahun 2024 itu.

"Kita nanti ada kirab melewati semua kabupaten/kota di Jawa Barat. Apa yang kita kirab kan itu adalah bendera Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan KPU sebagai simbol bahwa nanti itu kita akan memilih gubernur," ucap Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat KPU Jabar Hedi Ardia dalam keterangan di Bandung, Sabtu.

Dalam kirab tersebut, kata Hedi, nantinya akan digelar beberapa kegiatan dengan melibatkan banyak masyarakat setempat.

"Di beberapa titik kita akan buat kegiatan yang bakal mengundang massa dalam jumlah banyak," ujarnya.

 

BACA JUGA:Maju Pilkada 2024, Legislator Jawa Barat Diberi Batas Waktu Mundur Hingga 22 September oleh KPU

BACA JUGA:KPU Ciamis Perpanjang Masa Pendaftaran Bakal Calon Peserta Pilkada 2024

 

Kemudian, kirab tersebut nantinya juga akan diisi oleh sejumlah mobil yang telah didesain secara khusus untuk tujuan sosialisasi.

"Kita akan desain ada mobil bak terbuka yang membawa beberapa bendera, kemudian nanti tentu saja ada pengeras suara, kemudian ada pembagian bahan sosialisasi kepada masyarakat," tuturnya.

Rencananya, kirab tersebut akan berlangsung selama dua hari di setiap kabupaten/kota di Jabar.

"Jadi nanti masuk ke kota/kabupaten tertentu, nanti ada seremonial, ketika di kabupaten/kota tertentu selama dua hari harus di arak di wilayah tersebut, nanti geser lagi ke kabupaten/kota selanjutnya, terus sampai semua kabupaten/kota terlintasi," ujarnya.

 Hedi menegaskan, program ini merupakan bagian dari upaya KPU Jabar dalam menyosialisasikan Pilkada 2024, demi meningkatnya angka partisipasi pemilih.

"Itu salah satu upaya kami untuk meningkatkan informasi kepada publik akan adanya peristiwa besar di 27 November 2024 ini," ucapnya.

Sejauh ini, pihaknya masih terus mempersiapkan Kirab Pilkada 2024 ini agar dalam pelaksanaannya nanti berjalan dengan lancar.

"Segera, kita sedang siapkan jadwal dan hal-hal teknis-nya. Sehingga pada pelaksanaannya jauh lebih matang lagi. Bisa setelah penetapan," tuturnya.

Kategori :