BPIP Sosialisasikan Pancasila di Atas KRI Dr. Radjiman Wedyodiningrat-992

Minggu 01-09-2024,10:55 WIB
Reporter : Fadillah Asriani
Editor : Fadillah Asriani

RADAR JABAR- Dalam rangka memperkuat pemahaman dan penanaman nilai-nilai Pancasila di kalangan generasi milenial dan Gen Z serta merayakan 79 tahun kemerdekaan Indonesia, pemerintah melalui Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menyelenggarakan Sosialisasi Pancasila yang unik di atas Kapal Republik Indonesia (KRI) dr. Radjiman Wedyodiningrat-992.

Acara ini merupakan bentuk dukungan pemerintah terhadap penguatan Pancasila di tengah masyarakat, yang dirancang oleh TNI AL dan Gerakan Nasional Penguatan Pancasila (GNPP) untuk mendekatkan nilai-nilai kebangsaan kepada generasi muda dengan pendekatan kreatif dan inspiratif di tengah tantangan globalisasi dan perkembangan teknologi.

KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992, sebagai simbol kekuatan maritim Indonesia, dipilih sebagai lokasi sosialisasi ini untuk menekankan pentingnya peran Pancasila dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

 

BACA JUGA:Dukung Paskibraka 2024, BPIP Apresiasi Bank Mandiri

BACA JUGA:BPIP Pastikan Paskibraka 2024 Tampil Maksimal dan Prima

 

Dengan latar belakang lautan yang luas, kegiatan ini bertujuan menanamkan semangat kebangsaan dan cinta tanah air di kalangan generasi penerus.

Kapal ini juga merupakan hasil karya anak bangsa, yang dinamai sesuai dengan tokoh pahlawan dari Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK) dan telah berkontribusi dalam misi kemanusiaan.

Kepala BPIP, Prof. Yudian Wahyudi, menyatakan bahwa kegiatan ini diadakan di atas kapal rumah sakit pertama yang dibuat oleh PT PAL Indonesia sebagai wujud penghormatan terhadap tokoh penting dalam sejarah perjuangan Indonesia.

Kapal ini juga telah banyak mengemban tugas operasional, seperti mendukung kegiatan medis di KTT Archipelagic and Island States (AIS) Forum 2023 dan mengirimkan bantuan ke Jalur Gaza Palestina pada tahun 2023-2024.

Penguatan Pancasila bagi generasi muda sangat penting, sesuai arahan Presiden pada Presidential Lecture 2019, di mana Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya pemahaman ideologi Pancasila bagi 129 juta anak muda Indonesia.

Di era yang penuh dengan perubahan cepat ini, generasi milenial dan Gen Z memiliki peran penting dalam menjaga identitas bangsa. Pancasila bukan hanya dasar negara, tetapi juga menjadi perekat bangsa di tengah arus informasi global.

Kegiatan sosialisasi ini, yang melibatkan sekitar 1.000 peserta dari kalangan pelajar, mahasiswa, dan pemuda, juga menyajikan berbagai kegiatan edukatif dan interaktif, seperti talk show kebangsaan, deklarasi Gerakan Nasional Penguatan Pancasila, pembacaan ikrar Pancasila, serta kegiatan interaktif lainnya.

Peserta juga berkesempatan untuk berdialog langsung dengan narasumber dan mengikuti ship tour serta joy sailing di sekitar perairan Tanjung Priok.

Dengan demikian, kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat pemahaman generasi muda tentang pentingnya Pancasila serta menghargai peran strategis Indonesia sebagai negara maritim menuju Indonesia Emas 2045.

Kategori :