Review Yamaha R15 2024: Tampil Lebih Macho dengan Fitur Berkendara Eksklusif

Jumat 23-08-2024,19:04 WIB
Reporter : Wanda Novi
Editor : Wanda Novi

BACA JUGA:Saingan yang Kuat? Inilah Perbandingan Yamaha Fazzio dengan Honda Scoopy, Mana yang Lebih Baik?

Untuk lampu penerangan plat nomor, masih menggunakan bohlam biasa dan terdapat mata kucing di bagian ujungnya. Fender ini tidak terlalu panjang, sehingga tampak pendek.

Sekarang kita beralih ke sektor mesin dan kaki-kaki belakang. Yamaha R15 dilengkapi dengan mesin injeksi 155 cc SOHC berpendingin cairan (radiator) dengan kapasitas oli mesin 1,5 liter. Mesin ini memiliki enam percepatan dan sudah dilengkapi dengan teknologi VVA serta slipper clutch.

Tampilan mesin berwarna hitam dengan tulisan Yamaha yang diukir. Rangka motor menggunakan rangka Delta Box yang terkenal kuat dan kokoh.

Untuk step depannya, menggunakan model pegas berbahan aluminium tanpa pembalut karet, dengan tekstur anti-slip yang sporty dan modern. Pedal rem berwarna silver, sementara step belakang juga menggunakan model klik berbahan aluminium tanpa pembalut karet dan memiliki tekstur anti-slip. Penghubung step belakang berwarna hitam, selaras dengan warna bodi.

Terdapat penampung minyak rem yang menggantung di atas, serta master rem dari Nissin. Knalpotnya memiliki desain yang tidak terlalu naik ke atas, agak datar, berwarna hitam dari leher hingga ke silenser, dengan cover muffler berbahan plastik kasar dan tekstur bintik-bintik. Pada bagian ujung knalpot terdapat cap berwarna silver, memberikan tampilan yang sporty.

Untuk kaki-kaki belakang, suspensinya menggunakan model monosok pro-link. Namun, belum tersedia adjuster, sehingga tidak dapat diatur tingkat kekerasan dan kelembutannya.

Swing arm-nya menggunakan model banana dari Yamaha R15, yang memberikan kesan kekar dan padat. Terbuat dari aluminium dengan desain yang besar. Meskipun terdapat hanger, ukurannya kecil dan pendek, berfungsi untuk melindungi dari cipratan roda ke bagian shock belakang.

Untuk sistem pengereman belakang, motor ini menggunakan rem cakram (disc brake) non-wave dengan kaliper satu piston yang dicat hitam. Pada versi standar ini, motor belum dilengkapi dengan ABS.

Velg berwarna kuning dengan desain berbentuk V yang miring ke belakang. Ban yang digunakan adalah IRC Road Winner dengan ukuran 140/70 ring 17, dan sudah tubeless.

Penampilan kaki-kaki belakang motor ini cukup menarik dengan paduan warna yang apik. Selanjutnya, pada sisi kiri, perpindahan gearnya menggunakan model congkel yang dibalut dengan karet, memberikan kenyamanan tambahan jika tidak menggunakan sepatu. Terdapat juga cover rantai berbahan plastik kasar di bagian depan dan belakang untuk melindungi gear set.

Penampilan dari swing arm terlihat mantap, padat, dan kekar dengan model banana yang memberikan tampilan yang kokoh. Secara keseluruhan, penampilan dari Yamaha R15 tipe standar atau tipe Connected warna grey ini cukup menarik, dengan paduan warna abu-abu, silver, dan kuning pada velg serta stripingnya.

Kategori :