Pemkot Tasikmalaya Dorong Inovasi untuk Kelanjutan Program Wisata Tematik Katasik

Rabu 21-08-2024,15:45 WIB
Reporter : Salma Sepina Nurdini
Editor : Salma Sepina Nurdini

RADAR JABAR - Pemerintah Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, terus mendorong kelanjutan Program Kawasan Wisata Tematik (Katasik) dengan berinovasi untuk menggerakkan perekonomian daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Program ini harus bermanfaat, tidak hanya 'launching' terus kemudian selesai ramainya, hari ini akan buktikan, besok, lusa terus tetap ramai," ujar Penjabat Wali Kota Tasikmalaya, Cheka Virgowansyah, saat peluncuran Program Katasik di Sindangkasih, Kelurahan Sukanagara, Kecamatan Purbaratu, Tasikmalaya, Selasa (20/8).

Ia menjelaskan bahwa Pemkot Tasikmalaya meluncurkan Program Katasik untuk mengembangkan potensi daerah menjadi destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan, dengan harapan dapat menghidupkan perekonomian masyarakat setempat.

Cheka mengapresiasi Program Katasik di Sindangkasih yang menghadirkan kegiatan seperti helaran rakyat, bazar UMKM, pasar sembako murah, santunan, dan gelar seni budaya, yang berhasil menarik minat masyarakat.

BACA JUGA:Tiga Tersangka Curanmor di Bogor Ditangkap, Terancam 7 Tahun Penjara

BACA JUGA:Keputusan MK Mengguncang Pilkada Bogor: Jaro Ade Bisa Curi Dukungan dari Rudy Susmanto

Menurutnya, agar program Katasik terus berkelanjutan, diperlukan kerjasama dalam menghidupkan kawasan wisata dengan berbagai kegiatan ekonomi rakyat.

"Caranya bagaimana, ya kita hidupkan dulu dengan kegiatan-kegiatan ekonomi," katanya.

Salah satu kemajuan Program Katasik yang cukup signifikan adalah di Kecamatan Purbaratu, yang memiliki potensi wisata air untuk kegiatan perahu kecil atau kano, selain potensi ekonomi UKM.

"Di sini selain ekonomi UKM, di sini juga ada ada kano yang saya nanti bisa kita kembangkan," tambahnya.

BACA JUGA:Perayaan Hari Pramuka ke-63 di Bogor Pecahkan Rekor Muri Hingga Dihadiri Bintang Tamu Kotak

BACA JUGA:196 Bangunan di Puncak Bakal Ditertibkan

Cheka berharap Program Katasik di Purbaratu bisa terus berlanjut dan memberikan manfaat bagi masyarakat, serta menjadi inspirasi bagi wilayah lain di Kota Tasikmalaya.

Mengenai perkembangan Katasik di wilayah lain, Cheka menyatakan bahwa pihaknya masih menunggu kemajuan dari setiap kecamatan dan berharap ada perkembangan yang lebih baik dari sebelumnya.

Kategori :