Polrestabes Bandung Siapkan 1.700 Personel Gabungan Amankan Pilkada

Senin 19-08-2024,12:52 WIB
Reporter : Fadillah Asriani
Editor : Fadillah Asriani

RADAR JABAR- Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Bandung, Jawa Barat, menyiapkan sebanyak 1.700 personel gabungan untuk mengamankan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 di daerah itu.

“Dalam pengamanan ini dibantu oleh TNI dan instansi terkait, termasuk Linmas yang nanti akan sama-sama mengamankan semua tahapan pilkada sampai dengan selesai pengambilan sumpah dan janji,” kata Kabag Ops AKBP Sumari di Bandung, Senin.

Dilansir dari laman Antara, Sumari menjelaskan pengamanan akan dilaksanakan sesuai dengan tahapan Pilkada mulai dari pencalonan, pemungutan, perhitungan suara, hingga pengamanan hasil Pilkada dari tempat pemungutan suara (tps) hingga dikirim kembali ke gudang KPU Kota Bandung.

“Setiap tps kita amankan dari Polri kemudian nanti ada Linmas untuk membantu dengan pola tps kurang rawan, rawan, dan sangat rawan,” kata dia.

Untuk penempatan personel pengamanan pilkada menyesuaikan dengan jumlah dan lokasi tps yang akan ditetapkan KPU Kota Bandung. Pihaknya juga telah memetakan tps kurang rawan, rawan dan sangat rawan di Kota Bandung.

"Jadi untuk tps kurang rawan, dua personel polisi di 20 tps dan 20 Linmas dan itu bervariasi. Untuk rawan kami tempatkan dua polisi untuk dua tps, empat Linmas dan untuk sangat rawan satu tps itu dua polisi dan dua dari Linmas," kata Sumari.

Lebih lanjut, Sumari mengungkapkan pihaknya telah menggelar rapat koordinasi lintas sektoral bersama pemangku kebijakan lainnya untuk memastikan kesiapan dalam menggelar operasi pengamanan selama tahapan pelaksanaan pilkada.

"Yang dibahas kesiapan kita semua instansi dalam mengamankan semua tahapan yang nanti akan digelar terhitung mulai 21 Agustus 2024, selama kurang lebih 118 hari," katanya.

Dia memastikan hingga saat ini tahapan-tahapan Pilkada Serentak yang digelar KPU Kota Bandung telah berjalan dengan aman dan kondusi dengan secara rutin melaksanakan latihan pengamanan untuk menjaga ketertiban umum.

"Alhamdulillah di Kota Bandung lancar dan Polrestabes Bandung menghadapi pilkada, tentunya kami sudah siap termasuk salah satunya kemarin latihan pra operasi internal kepolisian sudah kami laksanakan, jadi kami sudah siap untuk antisipasi," katanya.

Kategori :